LHOKSEUMAWE, ACEH -- Pemerintah Kota (Pemko) Lhokseumawe melalui Dinas Perindagkop dan UKM meluncurkan atau launching UMKM Center. 

Peluncuran sekaligus dengan pengukuhan pengurusnya berlangsung di Hotel Diana Lhokseumawe, Selasa (10/101/2023).

BACA JUGA: Inovasi Mahasiswa KKN di Aceh Utara, Pelepah Pisang Diolah Jadi Makanan Ringan!

Pengukuhan pengurus UMKM Center langsung dilakukan oleh Pj Wali Kota Lhokseumawe, Dr Imran.

Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Lhokseumawe, M Rizal SSos MSi, menyebutkan, UMKM Center ini merupakan sebuah inovasi yang diciptakan pihaknya dengan tujuan utama untuk membantu pengembangan UMKM di Kota Lhokseumawe.

Karena UMKM Center nantinya akan selalu siap menampung berbagai persoalan yang dialami para pelaku UMKM, serta juga akan mencari solusi dan pendampingan, hingga persoalan mereka bisa tuntas.

"Contohnya, pelaku UMKM mengalami kendala dalam kredit permodalan, maka kita akan menjembatani dan pendampingan pelaku UMKM tersebut ke pihak perbankan," paparnya 

Sedangkan pengurus UMKM Center merupakan lintas stakeholder, meliputi unsur OPD, Kejaksaan Negeri Lhokseumawe, perguruan tinggi dan tokoh masyarakat yang bidang ilmunya bermanfaat bagi UMKM.

BACA JUGA: Keutamaan Beriklan di Media Online SumatraZone Bagi UMKM

Pada di struktur pengurusan ada beberapa divisi, diantaranya divisi pendampingan pembiayaan, divisi pendampingan promosi dan akses pasar.

Lalu, divisi pendataan dan mitigasi hukum, divisi pendampingan manajemen usaha dan digitalisasi, serta divisi pendampingan legalitas usaha.

"Semoga dengan adanya UMKM Center ini bisa menuntaskan seluruh persoalan yang dialami pelaku UMKM di Lhokseumawe," katanya.

Ditambahkan, di sela-sela acara launching UMKM Center, juga dilakukan sosialisasi dan pelatihan untuk pengembangan UMKM kepada 50 wirausaha pemula.

#sra/gia






 
Top