JAKARTA -- Aktor senior Dorman Borisman dikabarkan meninggal dunia pada Selasa (7/5/2024). Dorman meninggal dunia dalam usia 73 tahun.

Dorman meninggal dunia di Rumah Sakit Moch Ridwan Meuraksa, Jakarta, sekitar pukul 19.18 WIB.

"Innalillahi wa inna ilaihi raji'un. Telah berpulang ke rahmatullah, suami/bapak/ayah/abanganda kami Dorman Borisman (Kardiman bin Rakim) dalam usia usia 73 tahun (5 Februari 1951-7 Mei 2024). Wafat pada hari ini di rumah sakit Moch Ridwan Meuraksa Jakarta, Selasa 7 Mei 2024 pada pukul 19.18 WIB," tulis pesan singkat Eddie Karsito, sahabat Dorman.

Yan Widjaya melalui akun X miliknya mengungkapkan Dorman menjalani operasi amputasi kaki pada April 2024. Operasi dilakukan karena adanya komplikasi penyakit yang diderita Dorman, mulai dari stroke, diabetes, dekubitus, ginjal hingga terbaru didiagnosis sakit paru-paru. 

Sebelum meninggal Dorman sempat dirawat di ruang intensive Care Unit (ICU) di Rumah Sakit Moch. Ridwan Meuraksa, Jakarta Timur. Ia menjalani operasi amputasi kaki kanannya pada 3 Mei lalu. 

Operasi tersebut terpaksa dilakukan karena luka dekubitus yang dideritanya makin parah dalam tiga bulan ini. "Awalnya cuma empat cm," ujar Sukowati (64), istri Dorman Borisman, di TPU Susukan, Rabu (8/5/2024).

Peran-peran Dorman Borisman

Hampir di setiap film atau sinetron yang dibintanginya ia mampu mengisi peran figuran dengan baik. 

Dorman juga salah satu aktor senior yang sering berperan sebagai Lae Batak. Dalam salah satu film Padahal ia merupakan keturunan Jawa.

Salah-satunya peran 'Poltak' di filmnya bersama grup lawak Warkop DKI pada film "Manusia 6 Juta Dollar" (1981). 

Ia juga cukup sering bermain di film horor dengan almarhum Suzanna, antara lain Seperti film Kembang Kantil (2018), Bayi Gaib: Bayi Tumbal Bayi Mati (2018), Susuk Pocong (2008) hingga Kisah Cinta Nyi BLorong (1989).

Sejak debut di film Kugapai Cintamu pada 1977, Dorman telah bermain 54 film, termasuk Warkop DKI dan Saras 008.

Tim Sumatrazone di segenap penjuru tanah air turut berduka cita atas wafatnya aktor senior Dorman Borisman.

Terima kasih sudah meramaikan industri film nasional dengan akting yang luar biasa.

#bin/len








 
Top