ANDA hendak atau malah kerap bepergian dengan menggunakan layanan bus? Apabila iya, pastikan Anda mengetahui kelayakan bus yang Anda naiki demi menjaga keselamatan dan kenyamanan perjalanan Anda.

Dengan kemajuan teknologi yang dapat diakses melalui perangkat ponsel, kini masyarakat memiliki kemudahan untuk memeriksa kelaikan bus sebelum memulai perjalanan mereka.

Salah satu cara untuk melakukan hal ini adalah melalui aplikasi MitraDarat, sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Kementerian Perhubungan. 

MitraDarat merupakan sebuah aplikasi serba guna yang menyediakan berbagai informasi terkait pengawasan, perizinan, dan operasional dalam bidang transportasi darat.

Dengan aplikasi ini, masyarakat dapat dengan mudah melakukan pengecekan terhadap kelayakan kendaraan, melacak posisi bus secara terintegrasi, serta mendapatkan informasi mengenai Peta Mudik dan program Mudik Gratis yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

Sehubungan dengan itu, simak berikut cara mudah cek kelayakan bus melalui aplikasi Mitra darat.

Cara cek kelayakan bus di Mitra Darat

1. Unduh aplikasi Mitra Darat oleh Kemenhub di Play Store atau App Store

2. Klik fitur Cek Laik untuk mengecek kelaikan jalan angkutan bus, baik bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) maupun bus pariwisata

3. Masukkan nomor polisi (nopol) kendaraan 

4. Selanjutnya, database Kementerian Perhubungan akan menampilkan informasi mengenai status izin trayek serta hasil uji KIR dari bus yang dimaksud.

#akr/bin




 
Top