PADANG -- Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Wira Samaeri GT.677 milik PT Wira Jaya Logitama Cabang Padang menghentikan pelayaran tujuan Padang-Sikakap disebabkan tidak ada muatan.

Hal itu tertuang dalam surat pemberitahuan Wira Jaya Logitama cabang Padang nomor 92/WJL-AGN/V/PDG-2024 tanggal 20 Mei 2024 yang ditandatangani Kepala Cabang Padang PT WJL Irianita H Ritonga.

General Manajer KMP Wira Samaeri, Herry Yon menjawab konfirmasi awak media, Senin, (20/5/2024) siang, membenarkan hal tersebut. Ia mengakui, sejatinya jadwal KMP Wira Samaeri melayani rute Padang-Sikakap pada hari Minggu tanggal 19 Mei 2024 dan kembali ke Padang pada Senin tanggal 20 Mei 2024.

“Namun, karena tidak pernah ada muatan, kita meniadakan rute tersebut. Apalagi, orang di pelabuhan Bungus intervensi terhadap pengguna jasa itu. Dari Sikakap sendiri, pada prinsipnya yang dibawa mobil muatan yang diangkut balik ke Padang,” ungkapnya melalui pesan aplikasi.

Pihaknya, juga tidak menjelaskan secara rinci maksud intervensi dari pihak Pelabuhan Bungus tersebut. Namun, di dalam keterangan surat pemberitahuan tersebut, juga menyebutkan, jarak antara Sikakap dan Padang yang cukup jauh mencapai 108 notikal mil berdampak terhadap biaya operasional yang cukup besar.

Koordinator Satuan Pelayanan (Korsapel) Pelabuhan Teluk Kabung Bungus, Agus Sumarso yang dihubungi melalui pesan aplikasi, mengatakan pihak pelabuhan tidak pernah melakukan intervensi apapun. Pembatalan jadwal pelayaran, kata dia, hal itu murni pengajuan dari pihak operator sendiri.

“Pelabuhan tidak ada intervensi apapun. Kalau, masalah pembatalan itu dari pihak operator yang mengajukan,” jawabnya.

Sekadar diketahui, KMP Wira Samaeri merupakan kapal swasta yang melayani transportasi Padang-Mentawai. Kapal tipe Roro ini pertama kali beroperasi pertama kali pada Februari 2024 kemarin. Keberadaan kapal ini dinilai sangat membantu transportasi masyarakat dari dan ke Mentawai. 

#rif/hsn/ede





 
Top