PADANG -- RSUP dr. M. Djamil Padang menjadi sorotan publik pasca terungkapnya kejadian memilukan, kematian tragis seorang siswi SD berusia 11 tahun, Aldelia Rahma, asal Aur Malintang, Padang Pariaman, pada Selasa (20/5/2024) lalu. 

Diketahui, Aldelia sempat menjalani perawatan di RS tersebut atas rujukan dari RSUD Padang Pariaman setelah mengalami luka bakar akibat disiram bensin oleh teman sekolahnya.

Keluarga bocah malang itu menuntut pihak rumah sakit atas dugaan kelalaian yang menyebabkan meninggalnya Aldelia.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari instagram Padang TV, Madona, sepupu Aldelia menyatakan bahwa pihak keluarga sudah kecewa dengan penanganan yang diberikan oleh pihak rumah sakit sejak awal.

"Salah satu bentuk kelalaian RSUP dr. M Djamil adalah ketika Aldelia tidak sadarkan diri. Keluarga melaporkannya kepada tim medis, tetapi mereka acuh dan tidak menanggapi hal ini dengan serius. Baru saat Aldelia mengalami henti jantung, tim medis melakukan penanganan," ungkap Dona.

Keluarga sangat kecewa dengan perlakuan rumah sakit yang dianggap lalai hingga menyebabkan kematian Adelia.

Mereka bertekad menuntut dan meminta pertanggungjawaban atas pelayanan dan penanganan dari pihak RSUP dr. M Djamil  Padang agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

"Bentuk kelalaiannya, seperti pasien belum sembuh lukanya sudah dipulangkan. Kontrol kedua kali tidak diberi obat, kami diminta membeli obat di luar," tambah Dona.

Di sisi lain, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Padang Pariaman, Rudy Repenaldi Rilis, menjelaskan bahwa pihaknya telah berupaya semaksimal mungkin dalam penanganan Aldelia.

Rudy mengatakan bahwa awalnya atas permintaan bupati, Aldelia dirawat di RSUD Padang Pariaman untuk mendapatkan perawatan intensif.

Dirujuk untuk Jalani Operasi Luka Bakar

Selama kurang lebih satu minggu di RSUD Padang Pariaman, kondisi Aldelia mulai membaik, namun ia harus dirujuk ke RSUP M. Djamil Padang untuk menjalani operasi luka bakar.

"Dirawat di RSUD  Padang Pariaman kita monitor terus. Kami juga mendapat laporan dari direktur rumah sakit bahwa kondisi Adelia sudah mulai membaik, seperti HB-nya yang sudah mulai naik. Pihak RS juga mengirimkan foto Aldelia yang terlihat lebih segar dibanding saat ia dirawat di rumah," kata Rudy.

Kasus ini menimbulkan perhatian besar dari masyarakat yang mendesak agar pihak rumah sakit bertanggung jawab atas dugaan kelalaian yang menyebabkan kematian Aldelia Rahma.

Keluarga berharap adanya perbaikan sistem dan prosedur di rumah sakit untuk mencegah kejadian serupa di masa depan.

#krt/bin




 
Top