JAKARTA -- Sejumlah kepala negara menyampaikan bela sungkawa usai Presiden Iran Ebrahim Raisi dinyatakan meninggal dunia dalam kecelakaan helikopter pada akhir pekan ini.

Helikopter itu mengangkut sembilan orang termasuk Raisi dan Menteri Luar Negeri Hossein Amir Abdollahian.

Pencarian helikopter dan para penumpang sempat terkendala karena cuaca buruk. Namun, setelah 13 jam tim berhasil menemukan puing.

Tak lama setelah itu, pejabat Iran mengonfirmasi semua penumpang tewas.

Berikut daftar pemimpin dunia yang menyampaikan belasungkawa usai Raisi dan pejabat lain tewas.

Presiden RI

Presiden RI Joko Widodo turut berduka cita dan menyampaikan belasungkawa atas wafatnya Presiden Iran Ebrahim Raisi beserta rombongan dalam kecelakaan helikopter di barat laut Iran pada Minggu (19/5/2024).

Presiden Raisi pernah bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Mei 2023.

"Innalillahi wa inna ilaihi raji'un, duka cita mendalam atas wafatnya Presiden Iran, Yang Mulia Sayyed Ebrahim Raisi beserta delegasi pendamping yang menyertai beliau dalam musibah kecelakaan di Iran," kata Presiden Jokowi dalam akun resmi X @jokowi dikutip pada Senin.

Presiden Jokowi juga berdoa untuk keluarga yang ditinggalkan dan juga masyarakat Iran atas meninggalnya Presiden Raisi.

"Doa tulus saya panjatkan bagi keluarga yang ditinggalkan dan masyarakat Iran," ucap Jokowi.

PM India

Perdana Menteri India Narendra Modi mengatakan sangat sedih atas kematian Raisi.

Modi menilai pemimpin Iran itu berperan dalam memperkuat hubungan kedua negara.

"Saya turut berbela sungkawa yang tulus kepada keluarganya dan rakyat Iran. India mendukung Iran di masa duka ini," tulis Modi di X.

PM Irak

Perdana Menteri Irak Mohammed Shia Al Sudani turut menyampaikan duka cita usai Raisi meninggal.

"Irak menyampaikan dukungan untuk warga dan pemimpin Iran di situasi yang sulit ini," demikian pernyataan resmi PM Irak, dikutip Reuters.

Presiden Venezuela

Presiden Venezuela Nicolas Maduro juga menyampaikan belasungkawa untuk Iran.

"Peluk hangat dari Republik Bolivarian Venezuela. Anda, Iran, merupakan contoh dari kehormatan, moralitas, dan perlawanan," kata Meduro dikutip Al Jazeera.

PM Malaysia

Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim pada akun X nya menulis, "Saya sangat sedih atas kematian tragis Presiden Ebrahim Raisi, Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian dan beberapa pejabat Republik Islam Iran lainnya".

"Saya turut berbelasungkawa yang tulus kepada rakyat Iran selama masa yang sangat sulit ini. Semoga Allah memberkati jiwa mereka dan tempatkan mereka di antara orang-orang yang saleh".

Presiden Turki 

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan juga menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada rakyat dan pemerintah Iran, serta kepada Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei, atas meninggalnya Raisi.

“Sebagai Turki, kami akan mendukung tetangga kami Iran di hari-hari sulit dan tragis ini, seperti yang telah kami lakukan berkali-kali sebelumnya,” kata Erdogan pada akun X.

Presiden Azerbaijan

Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev dalam suratnya kepada Khamenei menyatakan belasungkawa dan mengatakan bahwa dengan kematian Raisi "rakyat Iran kehilangan seorang negarawan terkemuka yang mengabdi pada negaranya dengan dedikasi dan kesetiaan sepanjang hidupnya".

Presiden Kazakhstan

Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev menyampaikan belasungkawanya, dan menambahkan bahwa sebagai presiden Iran, Raisi telah bekerja untuk melayani kepentingan Iran, meningkatkan kesejahteraan rakyatnya dan menjaga stabilitas di kawasan.

Sejumlah pemimpin dunia lainnya, termasuk Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden China Xi Jinping juga telah menyampaikan belasungkawa kepada Iran. Beberapa negara, seperti Irak dan Lebanon, menyatakan masa berkabung resmi atas kematian Raisi.

Sekretaris Jenderal OPEC Haitham Al Ghais dan Sekretariat OPEC juga menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya presiden Iran kepada keluarga dan rakyat Iran, kata organisasi itu pada X.

Selain itu, otoritas di Afrika Selatan dan Jepang juga ikut menyampaikan belasungkawa mereka kepada Iran.

#red






 
Top