JAKARTA -- Masyarakat diminta waspada potensi banjir bandang susulan di Sumatra Barat. Pasalnya, ada potensi peningkatan curah hujan dalam beberapa hari ke depan.

“Tanggal 14 ini ada penurunan intensitas hujan, tetapi tanggal 15 sampai 22 kembali lagi peningkatan intensitas curah hujan dari sedang, lebat menjadi sangat lebat,” kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati, dalam tayangan Metro TV, Selasa (14/5/2024).

Dwikorita mengungkapkan intensitas hujan diprediksi meningkat setelah pukul 14.00 WIB. Dia mengimbau masyarakat atau petugas gabungan yang bertugas tidak melakukan aktivitas di atas waktu tersebut.

“Kami menyarankan untuk pencarian korban maupun aktivitas-aktivitas di lapangan sebaiknya dilakukan sepagi mungkin, dan pukul 14.00 sudah harus selesai,” tutur dia.

Imbauan ini lebih dikhususkan kepada petugas yang beraktivitas di daerah bagian atas. Sebab, material Gunung Marapi ditambah turunnya hujan dapat membuat banjir lahar dingin membahayakan.

“Tumpukan erupsi di bagian atas ini dikhawatirkan masih banyak, dan itulah yang tersapu hujan, tidak perlu hujan besar, hujan dengan intensitas sedang saja bisa menyeret tumpukan terutama yang halus,” ucap Dwikorita.

#mcm/bin




 
Top