PEKANBARU -- Pemerintah Kota Pekanbaru, Medan dan Banda Aceh meraih penghargaan Adipura untuk tahun 2022. Penghargaan itu diberikan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya di Jakarta.

Untuk Kota Pekanbaru, penghargaan itu diterima oleh Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun. Penghargaan Adipura kembali diraih Pekanbaru setelah terakhir kali pada tahun 2014 lalu.

"Ini menjadi langkah awal kita bersama untuk memperoleh hasil yang lebih baik kedepannya, terutama dalam masalah kebersihan Kota Pekanbaru. Tentunya kita juga perlu partisipasi masyarakat untuk kepedulian lingkungan, agar Pekanbaru lebih nyaman kedepanya," ucap Muflihun yang akrab disapa Uun.

Untuk medapat Piala Adipura, ia mengaku masih ada perbaikan dan langkah-langkah yang harus dilakukan. Bahkan upaya itu tidak dapat hanya dilakukan Pemerintah saja, namun juga dukungan masyarakat Pekanbaru sediri.

"Gerakan kita harus masif, jaga lingkungan kebersihan mulai dari rumah sendiri dulu. Dengan demikian tahapan kita untuk meraih tingkatan Adipura bisa dicapai," kata Uun.

Khusus Sertifikat Adipura yang diterima, ia menilai sebagai apresiasi dan penilaian bahwa terdapat peningkatan yang cukup signifikan yang diperoleh jajaran Pemkot Pekanbaru. Utamanya dalam menciptakan Kota Besar Bersih.

Medan Raih Adipura

Selain Pekanbaru, Kota Medan juga meraih penghargaan adipura tahun ini. Yang menerima penghargaan itu adalah Wakil Wali Kota Medan Auli Rachman.

"Bapak Wakil Wali Kota H Aulia Rachman saat ini berada di Jakarta sedang menghadiri Penganugerahan Penghargaan Sertifikat Adipura," kata Wali Kota Medan Bobby Nasution dalam keterangannya.

Lebih lanjut, menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut menyebutkan upaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan akan ditingkatkan agar Kota Medan lebih bersih lagi ke depannya.

"Tentunya kita harus berkolaborasi untuk terus menumbuhkan kesadaran masyarakat. Dengan demikian masyarakat tidak hanya berbenah, tetapi juga harus ikut serta tidak membuang sampah sembarangan agar Kota Medan semakin baik lagi ke depannya," sebutnya.

Langkah tersebut kata Bobby, tidak bisa dikerjakan sendiri oleh Pemkot Medan. Namun, semua pihak harus berkontribusi dan mendukung langkah tersebut.

"Tapi itu tidak bisa dilakukan Pemkot Medan, tapi harus mendapat dukungan penuh seluruh masyarakat," ungkapnya.

Banda Aceh Raih Adipura

Daerah selanjutnya yang turut meraih Adipura adalah Kota Banda Aceh. Penghargaan itu diterima Pj Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq. Ia pun bersyukur menerima penghargaan itu.

"Alhamdulillah, melalui sosialisasi yang masif, kita berhasil membentuk sebuah sistem dari hulu ke hilir, di mana peran serta masyarakat di gampong sebagai ujung tombak dalam menjaga kebersihan, terutama pengelolaan sampah adalah modal utama dalam meraih penghargaan bergengsi ini," kata Bakri dalam keterangan tertulis, Selasa (28/2/2023).

Menurutnya, Adipura merupakan sebuah prestasi menggembirakan bagi setiap kota di Indonesia. Piala tersebut akan didedikasikan bagi seluruh masyarakat Kota Banda Aceh, yang telah turut berpartisipasi dalam mewujudkan daerah tersebut bersih, indah, dan nyaman.

"Bukan hanya prestasi saja, Adipura juga menjadi prestise dan lambang kesuksesan, dambaan setiap kota di Indonesia," jelas Bakri.

#dtc/bin



 
Top