KAB. SOLOK, SUMBAR -- Sudah masuk bulan ketiga, hujan tak kunjung membasahi sawah tadah hujan warga Koto Sani Jorong Limo Niniak, Sumaniak Kabupaten Solok. Akibatnya sawah masyarakat kekurangan air dan panen pun menjadi tidak maksimal.

Warga setempat pun punya cara unik untuk meminta hujan kepada Yang Maha Kuasa. Cara bernuansa religius ini membuat Caleg DPR RI Partai Demokrat Imelda Sari, takjub.

“Masya Allah, bakawuak,” ujar Imelda Sari saat menyaksikan proses minta hujan di sana, Kamis (12/10-2023).

Wakil Sekjen DPP Partai Demokrat ini ke Tanjung Sani tidak sendiri. Imelda Sari didampingi tokoh masyarakat yang juga anggota DPRD Kabupaten Solok, Dian Anggraini.

“Uni (Imelda Sari) makasi telah hadir di acara “Bakawuak”, sebuah ritual berupa kegiatan goong royong dan berdoa bersama membersihkan sumber mata air yang terletak di surau Sungai Asam, Nagari Koto Sani, sekaligus berdoa ke hadirat Allah Swt, meminta hujan,” ungkap Dian ke Imelda Sari.

Imelda Sari yang dikenal sebagai orang dekat Presiden RI ke enam SBY merespons aspirasi masyarakat.

“Saya akan koordinasi dengan anggota DPR RI Partai Demokrat di Komisi V DPR RI, supaya masalah irigasi atasi kekeringan di sini menjadi perhatian pemerintah pusat," ujar Imelda Sari. 


Waketum IKA UNAND itu berharap, masalah pengairan yang rutin dihadapi masyarakat tersebut cepat disikapi pemerintah setempat.

“Dengan kondisi yang hampir 3 bulan ini mengalami kesulitan pengairan, tentu hal itu mempengaruhi pendapatan masyarakat yang bertani sawah, Saya berharap  pemerintah setempat bisa memberikan solusi cepat mendapatkan air bersih yang bisa mengairi sekitar 150 hektar sawah masyarakat di sini yang saya dengar saat ini  baru 10 persen yang dapat. Jadi harus segera dibantu. Jadi, ada sumber air, namun jauh di Koto Sani jaraknya 3 km ke sawah warga.” ujar Imelda Sari. 

Mengaku bahwa ini pengalaman pertamanya ikut ritual "Bakawuak", yang pasti ia senang dan terkesan melalui momen bergoro, berdoa dan makan bersama segenap warga dan pemuka masyarakat setempat di Surau Sungai Asam.   

Masyarakat berharap, dengan  bergotong royong membersihkan sumber mata air maka ditambah lah nikmatnya air yang mengaliri nagarinya.

Selain hadir, pada kesempatan itu Wakil Sekjend Partai Demokrat itu juga memberikan bantuan kepada masyarakat berupa biskuit makanan tambahan ASI untuk balita.

#ms/ald/ede





 
Top