JAKARTA -- Sebagai perguruan tinggi yang berdiri lebih dari 67 tahun, Universitas Andalas (UNAND) telah mencetak puluhan ribu lulusan yang kini telah banyak berkiprah di berbagai bidang, memiliki posisi yang strategis secara nasional hingga internasional. Banyak yang menjadi pemangku kebijakan, baik regional, nasional, maupun internasional. 

Guna merangkul, mendekatkan diri dan memberikan wadah mengumpulkan pemikiran hebat mereka, UNAND menggagas kegiatan Alumni Leaders Summit 2023, bertempat di Gedung D Kemendikbudristek, Senayan, Jakarta, Minggu (10/9/2023). 

Ajang ini menyatukan para Alumni Leaders, yaitu alumni-alumni bereputasi yang direkomendasikan masing-masing fakultas, untuk membahas tentang kolaborasi dan sinergi yang diharapkan mampu berkontribusi dalam empat bidang utama yaitu akademik, bisnis, kerja sama dan riset, serta kebijakan publik. 

“Ada lebih dari 56 ribu alumni UNAND (yang terdata) dan 133 di antaranya merupakan Alumni Leaders yang memiliki posisi penting, baik sebagai pimpinan maupun pemangku kebijakan di institusi masing-masing, mulai dari pemerintah daerah maupun nasional, lembaga, kementerian, industri, partai politik dan sebagainya,” ujar Dr. Eng. M. Makky, ketua panitia Leaders Summit 2023. 

Oleh karena itu, menurutnya UNAND telah melakukan komunikasi yang intensif untuk merangkul alumni-alumni tersebut. 

POLITISI PEREMPUAN RANAH MINANG: Bersama peserta Alumni Leaders Summit 2023 lainnya, turut hadir Imelda Sari, S.Sos, Waketum DPP IKA UNAND (tengah: atasan biru muda), sosok alumni bereputasi yang dikenal eksis sebagai politisi perempuan asal Ranah Minang dan kiprahnya cukup diperhitungkan di kancah perpolitikan nasional. Kini ia menjabat Wakil Sekjend Partai Demokrat, salah satu instrumen politik nasional besutan Presiden RI ke-VI, Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY. Karir politiknya tidaklah aji mumpung, sehingga amanah "mambangkik batang tarandam" layak disandangkan pada politisi perempuan yang pada momen Pemilu 2024 mendatang maju sebagai calon anggota DPR RI daerah pemilihan (dapil) Sumbar 1. 





Alumni Leaders Summit merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Alumni Leaders, setelah sebelumnya dilakukan konsinyering sejak Juli lalu. Kegiatan tersebut menghasilkan 4 working group, yang membagi alumni berdasarkan latar belakang masing-masing untuk dapat berdiskusi lebih dalam soal kontribusi yang dapat dilakukan alumni bersama UNAND yang bermanfaat bagi almamater maupun bagi masyarakat luas. 

Pada bidang akademik, fokus utama bahasan adalah bagaimana meningkatkan kualitas lulusan melalui proses pembelajaran yang bermutu, seperti akselerasi kegiatan Merdeka Belajar bagi mahasiswa, termasuk di dalamnya kesempatan untuk berkegiatan di perusahaan-perusahaan yang dipimpin oleh alumni UNAND. 

Alumni-alumni yang termasuk pada cluster ini misalnya alumni yang berkiprah sebagai akademisi, peneliti, hingga pemangku kebijakan di lembaga pendidikan.

Sementara pada cluster riset, pemikiran utama yang dikemukakan adalah keunggulan bisnis melalui digitalisasi dan hasil riset sesuai kebutuhan dan bernilai komersial. Bahasan berfokus pada strategi digitalisasi yang juga mendukung startup/UMKM dan melibatkan perhatian pada lingkungan, humanisme, hingga kebijakan pusat/daerah. 

Cluster kerja sama dan riset lebih menekankan pada hulunisasi dan hilirisasi riset UNAND untuk teknologi yang bermanfaat bagi bangsa, dan kolaborasi kampus-industri-pemerintah dalam menyediakan solusi/produk yang bermanfaat bagi masyarakat. 

Serta pada cluster kebijakan publik, UNAND diharapkan dapat berkontribusi dalam mendorong kebijakan pendidikan tinggi yang mendukung kompetensi generasi muda Indonesia di ASEAN. Alumni-alumni dengan posisi seperti kepala daerah, kementerian, kejaksaan, hingga politisi akan mengawal pemikiran-pemikiran tersebut.  

“Melalui kegiatan-kegiatan alumni ini kita berharap dapat merangkai kedekatan dengan alumni, dan akan menjalin hubungan yang semakin baik antara universitas dengan alumni. Kita juga doakan semoga alumni di bawah komando Ikatan Alumni akan semakin kompak, dan dari terjalinnya hubungan ini akan dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi almamater maupun bagi sesama alumni,” ungkap Wakil Rektor IV UNAND, Dr. Hefrizal Handra. 

Dari kegiatan Leaders Summit ini, nantinya akan diadakan Anugerah Alumni untuk memberikan penghargaan yang terbagi dalam lima nominasi, yaitu peneliti/akademisi, birokrat, enterpreneur, tokoh penggerak, hingga penghargaan kiprah internasional. 

#rel/ede







 
Top