JAKARTA -- Momen langka keakraban Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di acara perayaan HUT ke-64 Persatuan Purnawirawan dan Warakawuri TNI dan Polri (Pepabri) jadi monumental. Tak hanya duduk bersebelahan, dalam momen itu keduanya bahkan kompak melantunkan tembang "Manis dan Sayang" -nya group band legendaris Koes Plus bersama sejumlah purnawirawan lainnya. 

Kemesraan dua tokoh nasional tersebut diharapkan tidak cepat berlalu. Demikian diungkapkan Waketum PAN Viva Yoga, saat dihubungi awak media yang meliput momen monumental tersebut, Selasa (12/9/2023).

"Melihat keakraban Pak SBY dan Pak Prabowo seperti itu, maka ada lagu yang bisa mengiringinya, yaitu kemesraan ini janganlah cepat berlalu..," ujarnya merujuk tembang hits ciptaan musisi Iwan Fals yang pada era '90-an dibawakan oleh sejumlah legenda musik tanah air, antara lain Chrisye dan Grace Simon.

Viva Yoga menyebut partainya berharap Demokrat dapat bergabung bersama Koalisinya. Menurutnya, jika Partai Demokrat bergabung akan memperbesar basis konstituen.

"PAN berharap betul agar Partai Demokrat dapat bekerjasama dan berkoalisi dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM)," ungkap Viva Yoga.

"Alasannya, pertama, PD memiliki basis konstituen militan. Apabila digabung dengan partai politik lain di KIM maka akan memperbesar basis konstituen serta menambah suara," sambungnya.

Tidak hanya itu, Viva Yoga mengatakan PAN, Gerindra dan Demokrat memiliki pengalaman bekerja sama dalam pilpres. Sehingga menurutnya akan mudah dalam bekerjasama.

"Kedua, PD, PAN, dan Gerindra memiliki pengalaman empiris bekerja sama di pilpres sehingga sangat memudahkan dalam membangun kerjasama. Ketiga, PD, PAN, Gerindra memiliki platform perjuangan yang relatif tidak berbeda. Dari sini maka peluang untuk kerjasama di KIM menjadi sangat memungkinkan," ujarnya.

Momen Akrab SBY-Prabowo

Diketahui, sejumlah tokoh purnawirawan TNI berkumpul di acara syukuran HUT ke-64 Persatuan Purnawirawan dan Warakawuri TNI dan Polri (Pepabri). Mereka yang hadir di antaranya, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Menhan Prabowo Subianto hingga mantan Kepala BIN Jenderal TNI (Purn) Hendropriyono.

Acara syukuran ini digelar di Wisma Elang Laut, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Selasa (12/9/2023). Para purnawirawan ini memakai seragam batik yang sama.

Dalam cara itu, SBY dan Prabowo duduk dalam satu lingkar meja yang telah disediakan. Keduanya pun tampak duduk sebelahan.

Selain mereka, terlihat hadir juga mantan Menko Polhukam Jenderal TNI (Purn) Wiranto, dan Ketua Umum Pepabri Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar.

Para jenderal purnawirawan ini juga sempat foto bersama di depan panggung dan saling bergandengan tangan. Saat foto bersama itu, SBY dan Prabowo juga terlihat bersebelahan.

Tidak hanya itu, ada juga momen nyanyi bersama para purnawirawan yang hadir. Lagi-lagi SBY dan Prabowo tampak bersebelahan saat momen tersebut. 

#dtc/bin





 
Top