JAKARTA -- Komisaris PT Solitech Media Sinergy Irwan Hermawan dan Direktur PT Multimedia Berdikari Sejahtera Windi Purnama menyebut nama Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo saat menjadi saksi mahkota di kasus korupsi penyediaan menara BTS 4G dengan terdakwa mantan Menkominfo Johnny G Plate dkk di Pengadilan Tipikor Jakarta, Selasa (26/9/2023).

Pada sidang lanjutan tersebut, Irwan mengungkap sejumlah nama yang disinyalir berperan sebagai makelar kasus atau markus. Salah satu nama yang disebut Irwan adalah Dito Ariotedjo. Ia mengaku memberikan uang sebesar Rp27 miliar ke Dito.

Mulanya, hakim ketua Fahzal Hendri mencecar Irwan soal duit yang keluarkan demi menutupi kasus korupsi BTS di Kejaksaan Agung. Irwan, yang juga merupakan terdakwa kasus korupsi BTS 4G, menjawab dia mengeluarkan sejumlah uang ke beberapa orang.

Ia menyebut sempat memberikan uang Rp15 miliar ke seseorang bernama Edward Hutahaean lewat staf Direktur Utama PT Mora Telematika Indonesia Galumbang Menak Simanjuntak. Menurut Irwan, Edward adalah pengacara yang mengaku 'mengurusi' kasus korupsi BTS tersebut.

"Berapa kali penyerahan?" tanya hakim.

"Satu kali. Karena beliau banyak mengancam dan meminta proyek akhirnya diputuskan untuk tidak lanjut dengan beliau. Jadi, untuk beliau hanya satu kali 1 juta dolar," terang Irwan.

"Satu kali saja. Berapa diserahkan?" cecar hakim.

"Rp15 miliar," ucap Irwan.

Irwan menyampaikan staf Galumbang yang bernama Indra membantu menyerahkan uang tersebut kepada Edward.

"Bukan lewat Windi Purnama (Komisaris PT Solitech Media Sinergy Irwan Hermawan dan Direktur PT Multimedia Berdikari Sejahtera)?" tanya hakim.

"Bukan," jawab Irwan.

"Tapi Windi tahu?" pertegas hakim.

"Yang itu tidak," kata Irwan.

Irwan kemudian melanjutkan juga memberikan uang Rp27 miliar ke Dito Ariotedjo. Namun, ia tak menjelaskan latar belakang orang yang disebutnya.

"Ada lagi pak?" tanya hakim.

"Ada lagi," jawab Irwan.

"Untuk nutup [kasus BTS 4G] juga?" cecar hakim.

"Iya," ucap Irwan.

"Berapa?" tanya hakim lagi.

"Rp27 miliar," ungkap Irwan.

Ia menjelaskan uang tersebut dititipkan melalui seseorang bernama Resi dan Windi untuk diberikan kepada Dito. Hakim mencecar Irwan perihal sosok Dito yang dimaksud.

"Dito apa?" tanya hakim menegaskan.

"Pada saat itu namanya Dito saja," kata Irwan.

"Dito apa pak? Dito itu macam-macam," sentil hakim.

"Belakangan saya ketahui Dito Ariotedjo," kata Irwan.

Untuk mempertegas sosok Dito yang dimaksud, hakim anggota Rianto Adam Pontoh pun turut bertanya kepada Irwan

"Apakah Dito Menpora sekarang?" tanya Rianto.

"Iya benar," ujar Irwan

"Kepentingan apa dia dengan BTS 27 miliar," lanjut Rianto

"Untuk penyelesaian kasus," kata Irwan.

Awak media di Jakarta masih berusaha menghubungi Dito untuk mengklarifikasi kesaksian Irwan di persidangan tersebut.

Dalam proses penyidikan di Kejagung, Dito Ariotedjo yang kini menjabat sebagai Menpora pernah diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi BTS 4G BAKTI Kominfo. Dito membantah pernah menerima uang Rp27 miliar.

Irwan dan Windi diperiksa sebagai saksi mahkota untuk terdakwa Johnny G. Plate, Anang Achmad Latif, dan mantan Tenaga Ahli Hudev UI Yohan Suryanto.

Johnny Plate dkk didakwa merugikan keuangan negara sejumlah Rp8 triliun terkait kasus dugaan korupsi penyediaan menara BTS 4G dan infrastruktur pendukung lainnya.

#cnn/syn/tsa






 
Top