PADANG -- Dalam rangka memperingati Hari Kunjung Perpustakaan tanggal 14 September, Pengelola Perpustakaan Buya Hamka Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Padang gelar Nonton Bareng (Nobar) Film Buya Hamka.

Nobar dilaksanakan di ruangan Perpustakaan Buya Hamka MTsN 1 Padang, Jl. Adinegoro No.5 Lubuk Buaya, Padang, Kamis (14/09/2023).

Kegiatan berbasis Literasi itu dikelola sepenuhnya oleh Kepala Perpustakaan, Syahri Rahmi dan dua orang anggota, Heva Ali Fatmi dan Gustina.

Untuk teknis dan pengaturan peserta didik pihak Perpustakaan berkolaborasi dengan Guru Bahasa Inggris Resti Susanti, yang mengarahkan siswa kelas VIII.2 untuk menonton dan mengambil kesimpulan dari Film tersebut.

Resume isi film ini dikaitkan dengan materi pelajaran Bahasa Inggris Expression of :Obligation, Prohibition, Suggestion.

Kepala Perpustakaan MTsN 1 Padang, Syahri Rahmi merasa bersyukur dan mengucapkan terimakasih kepada Kepala Madrasah, Kaur TU, Unsur Pimpinan, Guru dan peserta didik MTsN 1 Padang atas support, spirit dan dukungannya dalam mensukseskan agenda Perpustakaan Buya Hamka di Hari Kunjung Perpustakaan yang jatuh hari ini, Kamis,14 September 2023.

Syahri Rahmi memaparkan, minimal ada 4 tujuan yang akan dicapai dari kegiatan Nobar ini yaitu,

1. Meningkatkan Minat Baca: Salah satu tujuan utama peringatan ini adalah untuk meningkatkan minat baca di kalangan peserta didik. Dengan mengunjungi perpustakaan, diharapkan peserta didik akan lebih termotivasi untuk membaca buku dan mengakses berbagai sumber pengetahuan.

2. Menghargai Peran Perpustakaan: Hari ini juga bertujuan untuk menghargai peran penting perpustakaan dalam pendidikan dan peningkatan literasi peserta didik. Perpustakaan tidak hanya tempat penyimpanan buku, tetapi juga tempat untuk belajar, penelitian, pengembangan diri, dan nonton bareng.

3. Promosi Perpustakaan: Peringatan Hari Kunjung Perpustakaan Nasional juga menjadi momen penting untuk mempromosikan perpustakaan sebagai tempat yang relevan dan bermanfaat bagi peserta didik dan guru. Ini termasuk memperkenalkan layanan-layanan baru yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan.

4. Peningkatan Kesadaran Literasi: dengan diperingatinya hari ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran literasi di tengah masyarakat. Literasi adalah kunci utama untuk perkembangan individu dan kemajuan bangsa.

"Melalui peringatan ini, diharapkan peserta didik akan semakin menghargai peran perpustakaan dalam pendidikan dan peningkatan pengetahuan, serta merasa termotivasi untuk menjadikan membaca sebagai kebiasaan sehari-hari.Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi detikers ya," papar Rahmi.

Kepala MTsN 1 Padang, Isrizal mengapresiasi Pengelola Perpustakaan yang telah menjadi inisiator Nobar Film Buya Hamka dihari Kunjung Perpustakaan ini.

"Teruslah kembangkan nilai-nilai Literasi diberbagai aspek, teruslah berinovasi, wujudkan perpustakaan ramah anak, dan tingkatkan terus pelayanan Digitalisasi demi melahirkan para Literat hebat dari MTsN 1 Padang," pesan Isrizal memotivasi.

#dtb/ede






 
Top