JAKARTA -- DPP Partai Golkar menegaskan mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau RK sedang dipersiapkan untuk maju sebagai bakal calon gubernur di pemilihan Gubernur DKI Jakarta atau Jawa Barat.

"Saat ini Pak RK ditugaskan dari Partai Golkar kita persiapkan untuk maju sebagai calon Gubernur Jabar ataupun DKI," kata Ketua DPP Golkar Dave Laksono di DPP Golkar, Jakarta Barat, Sabtu (16/9/2023) kemarin.

Terkait wacana RK maju Pilpres, Dave mengatakan Golkar hanya mengusulkan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto sebagai bakal cawapres. Ia memastikan nama Waketum Golkar itu tidak masuk dalam pembahasan kandidat cawapres. Koalisi Indonesia Maju (KIM) menurutnya masih melakukan diskusi dan penjajakan.

"Saat ini, untuk cawapres sesuai dengan kebijakan Partai Golkar itu hanya Pak Airlangga. Jadi enggak usah dikembangin ke sana kemari lagi, karena sikap resmi hanya begitu," kata Dave.

Golkar telah membentuk koalisi bersama Gerindra, PAN, PBB dan Gelora untuk mengusung Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden di Pilpres 2024. Namun, hingga saat ini Prabowo belum mengumumkan siapa kandidat cawapres yang akan mendampinginya nanti.

Di sisi lain, RK mulai digadang-gadang sebagai kandidat cawapres dari koalisi pengusung Ganjar Pranowo. Ganjar kini telah didukung oleh PDIP, PPP, Perindo dan Hanura. Bahkan, nama RK disebut sebagai salah satu dari lima nama bakal cawapres Ganjar versi Tim Pemenangan Nasional bakal Ganjar beberapa hari lalu.

Selain RK, terdapat nama Ketua Bappilu PPP Sandiaga Uno, Menko Polhukam Mahfud MD, mantan Panglima TNI Andika Perkasa, hingga Ketua Harian Perindo TGB Muhammad Zainul Majdi.

#cnn/nzr/isn




 
Top