WASHINGTON DC -- Salah satu senator AS paling senior dan berkuasa dari Partai Demokrat menolak desakan mundur dari rekan-rekannya separtai.

Robert Menendez diminta mundur setelah dikenai dakwaan menerima uang, emas, dan mobil mewah dari rekan bisnis.

Senator Amerika Serikat Cory Booker yang baru bergabung dengan anggota Partai Demokrat yang lain pada Selasa (26/9/2023) kemarin ikut menyerukan agar Senator Bob Menendez mengundurkan diri.

Diketahui, Menendez baru-baru ini didakwa menerima suap dari tiga pengusaha dengan imbalan keuntungan bagi pemerintah Mesir dan ikut campur penyelidikan terhadap ketiga pengusaha tersebut.

Booker, senator junior dari New Jersey, mungkin menjadi suara paling penting yang menyerukan pengunduran diri rekannya sesama senator New Jersey. Keduanya pernah dekat selama menjabat di Kongres. Booker bersaksi membela Menendez dalam persidangan tahun 2017 di mana Menendez didakwa melakukan korupsi.

Booker merilis pernyataan yang memuji Menendez sebagai sosok pribadi dan kolega, namun mengatakan bahwa peran senator membutuhkan banyak kepercayaan dari publik dan akan menjadi kepentingan terbaik bagi Menendez untuk mengundurkan diri.

“Pengunduran diri bukanlah sebuah pengakuan bersalah namun sebuah pengakuan bahwa memegang jabatan publik sering kali menuntut pengorbanan pribadi yang sangat besar. Senator Menendez telah melakukan pengorbanan ini di masa lalu untuk mengabdi. Dan dalam hal ini, ia harus melakukannya lagi. Saya yakin mengundurkan diri adalah yang terbaik bagi Senator Menendez yang telah mengabdi seumur hidupnya,” tulis Booker dalam pernyataannya.

Booker bergabung dengan sesama Senator Partai Demokrat Tammy Baldwin, Bob Casey, Jon Tester dan Mark Kelly dalam menyerukan pengunduran diri Senator Menedez . Semuanya telah menyampaikan pernyataan tentang masalah yang saat ini bergulir.

“Meskipun Senator Menendez memperoleh asas praduga tak bersalah sampai terbukti bersalah dan akan menjalani hari di pengadilan untuk membela diri, saya yakin yang terbaik bagi konstituennya, rakyat Amerika, serta keamanan nasional kita agar Senator mundur,” kata Baldwin dalam pernyataan di platform X, yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Twitter.

“Pelayanan publik adalah amanah yang sakral. Tuduhan spesifik yang tercantum dalam dakwaan federal menunjukkan kepada saya bahwa Senator Menendez berulang kali melanggar kepercayaan itu,” kata Casey di platform X.

“Itu merupakan pelanggaran terhadap kepercayaan dan beban yang saya yakin akan menghalanginya mengabdi sepenuhnya. Ia harus mengundurkan diri,” kata Kelly, juga melalui platform X.

“Saya telah membaca rincian dakwaan terhadap Senator Menendez dan menganggapnya sangat meresahkan. 

"Meskipun ia berhak mendapatkan persidangan yang adil seperti warga Amerika Serikat lainnya, saya yakin Senator Menendez harus mengundurkan diri demi kepercayaan publik terhadap Senat AS,” kata Tester dalam pernyataan di situsnya.

Senator Menendez, yang untuk sementara waktu mengundurkan diri dari jabatannya sebagai ketua Komite Hubungan Luar Negeri Senat, telah menjelaskan bahwa ia berencana untuk tetap bertugas di Senat, dan juga menyatakan bahwa ia tidak akan dinyatakan bersalah atas semua dakwaan setelah penyelidikan selesai.

“Saya sangat yakin bahwa ketika semua fakta disajikan, saya tidak hanya akan dibebaskan, tetapi saya akan tetap menjadi senator senior di New Jersey,” kata Menendez dalam sebuah pernyataan. 

#tpc/voa




 
Top