PADANG -- Pada Sabtu (2/9/2023) lalu, Yayasan Baitul Maal (YBM) BRILiaN melaksanakan kegiatan Family Strengthening Sentra Samawa, di aula Masjid Nurul Iman jalan Sutan Sjahrir No. 171, Silaing Atas, Kecamatan Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).  

Kegiatan dilaksanakan bersama sekitar 20 keluarga dengan intervensi program berupa penguatan pendidikan, kesehatan dan pencegahan penyakit, serta peningkatan ekonomi yang diberikan secara berkala sesuai kebutuhan.

Sekretaris YBM BRILiaN RO Padang, Eko Jadi Roso, menjelaskan, pemilihan lokasi program ini merujuk kepada beberapa aspek, seperti penerimanya merupakan mustahik, terdapatnya majelis ta'lim yang aktif, terdapat lokal hero dan wilayah tersebut bukan merupakan wilayah konflik.

"Family Strengthening adalah program pemberdayaan berbasis keluarga dalam rangka menguatkan aspek spritual, pendidikan, kesehatan dan ekonomi untuk terwujudnya ketahanan keluarga. Misinya yakni meningkatkan pemahaman, sikap dan aktivitas ibadah anggota keluarga peserta program secara berkesinambungan, mengguatkan fungsi, peran, dan tugas anggota keluarga peserta program secara berkesinambungan, meningkatkan akses kesehatan keluarga peserta program, menurunkan angka putus sekolah keluarga peserta program, meningkatkan pendapatan, keterampilan dan kemampuan manajemen keuangan usaha mustahik dan membentuk dan/atau memperkuat kelembagaan lokal mustahik," urai Eko. 

Dipaparkan lebih lanjut bahwa program Family Strengthening telah berjalan selama kurang lebih 3 tahun. Dalam kurun waktu tersebut, YBM BRILiaN melakukan pembinaan keluarga guna menguatkan aspek spritual, pendidikan, kesehatan dan ekonomi dengan berisikan beragam aktivitas, seperti pembinaan rutin setiap pekan, monitoring keluarga dan peningkatan ekonomi melalui Program Ekonomi yang ada di YBM BRILiaN RO Padang.

"Kami dari pemerintah kota Padang Panjang sangat berterima kasih dan sangat mendukung YBM BRILiaN dan BRI dalam membantu pemerintah mensejahterakan masyarakat menurunkan angka kemiskinan, meningkatkan kesehatan, beriman dan bertaqwa serta berpendidikan. Kepada penerima manfaat kami berharap dapat mengikuti program ini dengan baik sehingga berdampak baik pula bagi kehidupannya", ungkap Drs. Maiharman, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Pemko Padang Panjang, diamini Camat Padang Panjang Barat, Fiora Agustian dan Lurah Silaing Atas, Sazali.  

#rel/ede






 
Top