JAKARTA – Bakal Calon Presiden (Capres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan menghormati keputusan Partai Demokrat yang mendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

“Kita dari awal sampaikan menghormati,” kata Anies di Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (18/9/2023).

Sebelumnya, KPP sempat mengajak Demokrat kembali bergabung usai partai besutan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu mencabut dukungan dari Anies.

Mengenai hal itu, Anies lalu menjelaskan bahwa setiap masyarakat dan partai politik bebas menentukan pilihannya di pemilu.

Hal itu berlaku di negara demokrasi seperti Indonesia.

Anies juga mengatakan koalisinya tetap solid untuk menghadapi Pilpres 2024.

“Partai, pimpinan partai, dan masyarakat memiliki hak yang sama untuk menentukan pilihannya dan menentukan arah di dalam Pilpres dan Pemilu ini. Jadi kami menghormati, kami menghargai, dan Koalisi Perubahan solid, akan terus menyongsong 14 Februari 2024,” katanya.

Partai Demokrat mendukung Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden di Pilpres 2024 mendatang.

Ditandai dengan kehadiran petinggi Demokrat dalam pertemuan partai Koalisi Indonesia maju di kediaman Prabowo, Hambalang pada Minggu (17/9/2023).

Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Andi Mallarangeng mengatakan pengumuman dukungan kepada Prabowo akan dilakukan secara resmi dalam rapat pimpinan nasional pada 21 September mendatang. 

Andi mengatakan Demokrat mendukung Prabowo didasari sejumlah alasan. Misalnya, karena Demokrat menilai Prabowo yang akan memenangkan Pilpres 2024.

“Kami memilih yang Insya Allah akan menang. Kami melihat Pak Prabowo yang akan memenangkan Pilpres 2024 nanti,” ujar Andi.

Kemudian, Ketua Umum Gerindra itu juga mau menerima agenda perubahan dan perbaikan, sehingga Demokrat turut mendukung.

Terpisah, Kepala Bappilu Demokrat Andi Arief juga menyampaikan hal serupa. Dia mengatakan partainya mendukung Prabowo tanpa syarat.

“Partai Demokrat mendukung Pak Prabowo dan koalisinya tanpa syarat, mengapa begitu? Karena Pak Prabowo berkomitmen mengakomodasi ide perubahan yang disampaikan Partai Demokrat. Kesinambungan dan Perubahan,” katanya.

#cnn/bin





 
Top