JAKARTA -- Ketua Umum Partai Demokrat sekaligus Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menegaskan Partai Demokrat kini bersama pemerintah.

AHY menyampaikan Partai Demokrat ingin mengawal kebijakan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sampai dengan tuntas.

"Demokrat hari ini bersama pemerintah, ada dalam pemerintah, jadi jelas kami biasanya disiplin sesuai dengan kebijakan partai. Kami ingin mengawal pemerintahan Presiden Jokowi dan kami semua sampai dengan tuntas," ujar AHY di Istana Negara Jakarta, Rabu (21/2/2024).

AHY menginginkan agar dirinya bisa mencapai semua target dalam memimpin Kementerian ATR/BPN.

"Bisa mengejar semua target, termasuk target-target ATR/BPN yang luar biasa, banyak yang sangat kompleks tetapi Insyaallah semua yang beliau (Hadi Tjahjanto) telah lakukan selama ini dan seluruh jajaran Kementerian ATR/BPN bisa kita tuntaskan dengan baik," jelasnya.

Adapun AHY menuturkan tidak ada beban dalam memutuskan untuk masuk ke pemerintahan walaupun telah 9 tahun berada sebagai partai oposisi.

"Tidak (ada beban), tidak secara khusus, tetapi memang perlu adaptasi. Yang jelas kalau ditanya keluarga besar Demokrat sangat senang karena bagaimana pun memang tujuan utama dari politik, termasuk partai politik adalah bisa berkontribusi seluas-luasnya melalui jalur pemerintahan—eksekutif maupun legislatif," papar AHY.

Sementara itu, Jokowi menegaskan tidak ragu menunjuk AHY sebagai Menteri ATR/BPN dikarenakan sepak terjangnya sebagai alumni Akademi Militer dan beberapa kampus unggulan luar negeri.

"Kita tahu beliau ini Ketua Umum Partai Demokrat, pertama. Beliau juga alumni Akademi Militer, Akmil. Juga pendidikan di Nanyang University, Harvard University, di Webster University. Saya kira saya tidak ragu memberikan tempat untuk Kementerian ATR/BPN karena ini urusan manajemen, saya kira beliau akan sangat siap," ujar Jokowi.

#bsc/bin

 
Top