ACEHBARAT, ACEH -- Cuaca terik disertai angin kencang membuat lahan gambut dan kebun sawit warga di Gampong Lapang, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, terbakar, Senin (12/2/2024) kemarin. Lahan yang terbakar terus meluas bahkan mulai mendekati salah satu pondok pesantren di daerah itu.

Api diduga muncul dari dalam tanah, karena kondisi gambut dan terdapat banyak tumbuhan serta ranting kering membuat api semakin cepat menyebar. 

Petugas pemadam kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat, sudah tiba di lokasi untuk melakukan pemadaman, mereka berupaya membuat penyekat agar api tak membakar lahan lainnya.

Pimpinan Pesantren Babul Ilmi, Iskandar, mengatakan bahwa kebakaran lahan sudah mulai tampak sejak Minggu (11/2/2024), namun tidak separah saat ini yang semakin meluas. Bahkan, asap yang terlihat di dalam lahan sempat hilang pada malam hari.

"Kemarin memang sudah ada api, tapi tidak seluas sekarang, semalam tidak ada lagi asap, tadi pagi juga demikian. Pas siang ini tiba-tiba asapnya terus menggumpal,” kata Iskandar.

Petugas di lokasi masih berjibaku memadamkan api. Luas lahan yang terbakar masih belum diketahui.

#ajnn/gia




 
Top