JAKARTA -- Sejumlah petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di beberapa daerah dilaporkan meninggal dunia diduga akibat kelelahan selama berlangsungnya Pemilu 2024.

Hal itu salah satunya dialami seorang petugas KPPS di Kabupaten Tangerang, Banten yang dilaporkan meninggal dunia diduga akibat kelelahan saat melaksanakan tugas pada pemungutan suara Rabu (14/2/2024) kemarin.

Ia bernama Satriawan (44) selaku petugas KPPS di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 86, Kelurahan Sindang Sari.

Kepala Puskesmas Pasar Kemis, dr Salwah menjelaskan, sebelum dinyatakan meninggal dunia, mendiang terlebih dahulu mengalami tidak sadarkan diri ketika proses penghitungan surat suara berlangsung. Para petugas di lokasi langsung memberikan bantuan medis dengan membawanya ke klinik terdekat sebagai upaya penanganan.

Namun, tak lama setelah diperiksa petugas kesehatan, kondisinya kian kritis hingga akhirnya meninggal dunia.

“Dari laporan, petugas KPPS ini awalnya pingsan, kemudian dibawa ke klinik terdekat. Dan begitu sampai dan diperiksa sudah meninggal,” ujar dr Salwah, dikutip dari Antara.

Kejadian semisal juga terjadi di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Di mana seorang Ketua KPPS di TPS 18 Desa/ Kecamatan Singojuruh bernama Dul Hanan (50) meninggal dunia ketika menjalankan tugasnya.

Anggota PPS Desa/ Kecamatan Singojuruh, Abdul Konik menjelaskan mendiang meninggal ketika tengah menghitung surat suara pada Rabu (14/2/2024) petang. Saat itu, Dul Hanan mengeluh pusing dan sesak nafas dan ia meminta untuk diantarkan periksa ke puskesmas.

Bukannya membaik, kondisi mendiang di puskesmas justru semakin memprihatinkan. Ia sampai mengalami nafas yang tersengal-sengal, sehingga dirujuk ke RS PKU Muhammadiyah Rogojampi dan meninggal dunia di sana.

Nasib serupa juga menimpa Sugiyono (64), seorang petugas satuan perlindungan masyarakat (Linmas) di Kota Madiun, Jawa Timur. Sugiyono meninggal dunia saat menjalankan tugas mengamankan Pemilu 2024 di TPS 06 Kelurahan Ngegong, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun, Rabu (14/2/2024).

Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM (Sosdiklih, Pasmas, SDM) KPU Kota Madiun, Rokhani Hidayat menjelaskan, mendiang menghembuskan nafas terakhirnya saat beristirahat selepas makan siang. Rokhani mengatakan, sebelum wafat Sugiyono terlebih dahulu tiba-tiba terjatuh dan ketika diperiksa sudah dalam keadaan tidak bernyawa.

“Kami belum mengetahui riwayat penyakitnya. Kami belum menanyakan ke pihak rumah sakit terkait hal tersebut,” kata Rokhani.

#asi/bin




 
Top