JAMBI -- Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi meminta warga untuk tidak golput meski ada beberapa daerah masih terendam banjir. Pemkot pun menjamin kemudahan akses menuju tempat pemungutan suara (TPS) terutama di daerah terdampak

Bukan itu saja, Pemkot Jambi juga telah mengerahkan seluruh personel di setiap instansi yang ada untuk membantu KPU agar meningkatkan partisipasi pemilih di Pemilu 14 Februari 2024.

"Saya sudah menginstruksikan agar camat dan lurah berperan aktif, seluruh stakeholder ikut membantu agar proses pemungutan suara pada pemilu ini berjalan lancar aman dan meski ada daerah terdampak banjir kita usahakan agar masyarakat bisa memilih hak suaranya," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih, Kamis (8/2/2024)

Sri juga minta agar seluruh anak buahnya berperan aktif mendorong warganya untuk menggunakan hak pilih di Pemilu 2024. Dia juga telah menugaskan camat dan lurah untuk segera memetakan lokasi yang tepat jika harus memindahkan atau menggeser titik TPS yang tergenang air banjir.

"Meski saat ini kondisi banjir yang melanda wilayah di Kota Jambi juga mengakibatkan beberapa titik lokasi TPS digenangi air. Pemkot Jambi merasa perlu melakukan antisipasi agar kondisi tersebut tidak mengganggu jalannya proses pencoblosan pada 14 Februari 2024," ungkapnya.

"Pemkot harus memastikan TPS dapat dijangkau oleh warga, baik informasi di mana titik lokasinya, maupun jalur bagaimana menuju lokasinya," tambah Sri.

Sri mengingatkan kembali bahwa upaya sosialisasi camat dan lurah harus lebih massif terhadap ajakan pemilu 2024. Dia menilai bahwa waktu pemungutan suara tinggal menghitung hari lagi, agar supaya warga tidak golput meski beberapa daerah terendam banjir

"Waktu pemungutan suara kurang lebih 1 minggu lagi, sosialisasikan kepada warga untuk hadir menggunakan hak pilihnya, jangan golput, semua tugas akan dibantu dengan baik meskipun banjir, pemungutan suara tentu dilakukan dengan adanya pemindahan TPS," harapnya

Sebelumnya, menjelang pemilihan umum (Pemilu) 2024 yang tinggal 6 hari lagi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jambi mencatat ada sebanyak 84 Tempat Pemungutan Suara (TPS) terdampak banjir. TPS terdampak banjir ini tentunya akan segera dipindahkan demi meningkatkan partisipasi pemilih.

"Total TPS yang terdampak banjir ini semuanya itu berjumlah 84 TPS dari 22 kelurahan di Kota Jambi di 5 kecamatan, nah dari 84 TPS ini yang terdampak akan segera kita cari lokasi pemindahannya agar pas pemilihan todak menyurutkan partisipasi masyarakat," kata Ketua KPU Kota Jambi, Deni Rahmat kepada wartawan, Kamis (8/2/2024).

#dts/bin




 
Top