JAKARTA -- Mantan calon presiden (capres) Anies Baswedan mengaku tak ada tawaran dari Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming kepada dirinya untuk bergabung di pemerintahan yang akan datang. Sinyal ke arah itu juga belum didapat.

Hal ini disampaikan Anies sebagai respons atas pernyataan mantan capres Ganjar Pranowo yang lebih memilih menjadi oposisi di pemerintahan Prabowo-Gibran.

"Kalau saya bilang ikut, wong diundang aja tidak. Mau bilang tidak, wong diundang aja belum," kata Anies di kediamannya, Jalan Lebak Bulus Dalam, Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (7/5/2024).

"Jawabnya apa? Betul nggak? Siapa yang mengajak? Jadi kalau saya bilang saya nggak mau ikut, emang saya diajak? Mau ikut, emang kapan ngajaknya?," lanjutnya.

Anies menegaskan, bakal memegang pakem pihak yang tidak mendapatkan amanah konstitusi akan berada di luar kabinet. Anies memastikan, tetap berada di jalan perubahan.

"Yang mendapatkan amanah konstitusi dari sebuah proses pilpres itu berada di dalam kabinet. Yang tidak mendapatkan amanah berada di luar kabinet, itu pakem itu saya katakan dari dulu," katanya.

Lebih jauh, Anies bilang tidak memiliki rencana untuk bertemu Presiden Terpilih Prabowo Subianto. "Pokoknya sekarang sih saya konsentrasi untuk menata langkah-langkah ke depan, itu aja," pungkasnya.

#dtc/bin




 
Top