SIJUNJUNG, SUMBAR -- Banjir bandang yang diakibatkan curah hujan tinggi melanda Nagari Padang Sibusuk Kecamatan Kupitan, Jumat (3/5/2024) malam sekitar pukul 21.30 WIB.

Informasi yang dihimpun media ini, terdapat puluhan rumah warga yang terdampak akibat banjir bandang di sepanjang aliran Sungai Batang Piruko tersebut, bahkan tak sedikit rumah warga juga mengalami kerusakan di bagian dinding dan jendela rumahnya akibat terjangan air besar tersebut.

”Saat ini, Tim BPBD Sijunjung dibantu warga masyarakat serta pihak Kecamatan, Nagari, Kepolisian dan TNI sudah turun ke lokasi serta masih melakukan pendataan serta evakuasi warga yang terjebak banjir bandang. Belum diketahui kerugian materil warga yang terdampak,” ujar Sekretaris BPBD Sijunjung Syatria Zali dari lokasi kejadian.

Dari data yang diperoleh BPBD Sijunjung, banjir bandang melanda Tiga Jorong di Nagari Padang Sibusuk yakni Jorong Kapalo Koto, Jorong Guguk Tinggi serta Jorong Simancung.

"Akibat curah hujan yang tinggi selama beberapa jam, mengakibatkan debit air meningkat dan mengakibatkan Sungai Batang Piruko meluap ke pemukiman warga di sepanjang aliran Sungai. Sementara untuk data pastinya kita tunggu laporan dari tim BPBD Sijunjung yang cek langsung ke beberapa lokasi kejadian banjir tersebut,” terangnya.

Hingga berita ini diturunkan, hujan deras masih melanda dan membuat warga di sepanjang aliran Batang Piruko waspada jika seandainya debit air kembali meningkat.

”Debit air berangsur surut, namun kita tetap waspada dikarenakan intensitas hujan masih terjadi dan perlunya kewaspadaan dari warga masyarakat yang tinggal disepanjang aliran Sungai serta dekat dengan perbukitan,” tuturnya. 

#hln/bin



 
Top