SUMBAWA, NTB -- Guna mendukung ketahanan air dan ketahanan pangan nasional, Kementerian PUPR terus membangun bendungan di berbagai wilayah. Salah satunya yaitu Bendungan Beringin Sila di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) 

Bendungan ini bertujuan untuk mengoptimalkan pemenuhan kebutuhan irigasi dan air baku khususnya di wilayah dua kecamatan, yakni Kecamatan Utan dan Kecamatan Buer, Kabupaten Sumbawa. 

Pihak PUPR Direktorat Jenderal Bina Marga (Ditjen Bina Marga) mengklaim bahwa saat ini progres fisik pembangunannya mencapai 82,20% dan ditargetkan rampung pada Desember 2022.

Dengan total kapasitas tampungan 27,46 juta m3 dan luas genangan 126 ha, bendungan ini akan mengairi lahan seluas 3.500 ha dan menghasilkan air baku sebesar 76 liter/detik untuk mendukung pertanian di Kabupaten Sumbawa. 

Selain itu, bendungan ini juga memberikan manfaat untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM) sebesar 1,4 MW, reduksi banjir sebesar 90,37 m3/detik, berpotensi sebagai tempat pariwisata, perikanan tangkap, dan tempat konservasi.

#rel/bin




 
Top