f: dok. intrust
PADANG -- Pleno IV Konferensi Provinsi ke-12 Persatuan Wartawan Indonesia Sumatera Barat (Konferprov XII PWI Sumbar) di aula Kantor Gubernur Sumbar, Sabtu (23/7/2022), akhirnya menetapkan H. Basril Basyar sebagai Ketua PWI Sumbar Periode 2022-2027. 

Informasi yang berhasil dihimpun www.sumatrazone.co.id dari arena adu voting, menyebutkan, wartawan senior yang akrab disapa "BB" itu menang telak atas kandidat petahana, H. Heranof Firdaus dengan selisih 72 suara. 

Prosesi voting dalam Konferprov PWI Sumbar ini disaksikan langsung oleh Ketua PWI Pusat Atal Depari dan Wakil Ketua Umum PWI Pusat bidang OKK.

Pada awal penghitungan, perolehan suara dua kandidat Ketua PWI Sumbar itu berlangsung ketat. Sempat terjadi saling kejar mengejar antara suara yang memilih BB maupun Heranof. Namun kesudahannya, suara memilih BB melejit jauh meninggalkan Heranof. Selisih yang sangat jauh tak lagi terkejar oleh sang kandidat petahana. Alhasil, hasil penghitungan suara Basril Basyar terpilih menjadi Ketua PWI Sumbar 2022-2027. Tiga suara dinyatakan batal. 

Penghitungan suara dipimpin oleh pimpinan sidang Amirudin dengan sekretaris pimpinan sidang tetap Syukri Umar, Sawir Pribadi serta dua dari PWI kota dan kabupaten 

“Hasil pemilihan Ketua PWI Sumbar di Konferprov 12 ini, Heranof 51 suara dan Basril Basyar memperoleh 123 suara, suara tidak sah 5,” ujar Sawir Pribadi.

Selanjutnya Amirudin membacakan penetapan pleno IV Konferprov XII PWI Sumbar untuk jabatan 2022-2027. Tok tok tok!! BB yang pada beberapa periode terdahulu pernah menjadi Ketua PWI Sumbar, akhirnya kembali mengemban amanah memimpin organisasi kewartawanan tertua tersebut, khususnya untuk wilayah Sumbar. 

Zul Effendi Ketua DK

Masih dari arena konferprov, adu banyak perolehan suara empat calon Ketua Dewan Kehormatan (DK) PWI Sumbar akhirnya dimenangkan oleh Zul Effendi. Ia menumbangkan tiga wartawan senior Sumbar lainnya, yaitu Gusfen Khairul, Zulnadi dan M Kudri, sekaligus menggantikan posisi BB selaku Ketua DK pada periode terdahulu. 

#ede









 
Top