JAKARTA -- Penyanyi Nowela Idol baru saja dipanggil penyidik KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi). Pemanggilannya tersebut terkait dengan aliran dana dari tersangka kasus korupsi, Ricky Ham Pagawak.

Penyanyi bernama lengkap Nowela Elizabeth Mikelia Auparay ini mengatakan, uang tersebut adalah honornya sebagai penyanyi yang diundang.

"Ya, pokoknya itu profesional saya nyanyi sih," kata Nowela Idol ditemui di Lobi Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (29/7/2022).

Sebenarnya kata Nowela Idol, yang melakukan komunikasi dengan pihak Ricky Ham Pagawak adalah manajernya. Cuma, karena namanya yang tercantum sebagai penyanyi, maka dirinya yang diperiksa KPK.

Ini merupakan kali pertama Nowela mengambil pekerjaan dari Bupati Mamberamo Tengah. Sebab sebelumnya, ia beberapa kali mendapat tawaran serupa.

"Waktu itu ada beberapa kali undangan tapi batal karena cuaca," kata Nowela.

Terkait pemeriksaan yang baru berlangsung, Nowela menyebut, tidak ada yang disampaikan penyidik kepada dirinya. Termasuk apakah ia harus mengembalikan uang dari lelaki yang menjadi buron sejak 2021 tersebut. 

"Nggak sih (kembalikan uang) saya cuma diminta keterangan aja," ujarnya.

Dalam kasus ini, Ricky Ham Pagawak dijerat lembaga antirasuah dalam kasus suap dan gratifikasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamberamo Tengah, Papua.

Ricky Ham juga sudah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO). Ia diduga kabur ke Papua Nugini setelah akan dilakukan jemput paksa oleh tim KPK.

Upaya jemput paksa ini dilakukan karena yang bersangkutan mangkir dalam pemanggilan kedua oleh penyidik KPK.

#src/bin





 
Top