JAKARTA -- Dalam permainan billiard ada aturan umum yang wajib diketahui. Aturan ini penting diketahui pehobi permainan bola sodok tersebut. 

Billiard merupakan salah satu olahraga yang populer di kalangan anak muda hingga orang tua. Olahraga ini juga umumnya bisa dimainkan secara individu maupun tim, laki-laki dan perempuan juga bebas memainkan permainan ini.

Konsentrasi tinggi dan tingkat akurasi pukulan yang matang sangat dibutuhkan dalam permainan ini, ditambah sederet strategi khusus demi memasukkan semua bola ke dalam lubang.

Namun sebelum bermain, pemain wajib hukumnya mengetahui aturan umum dalam permainan billiard.

Berikut Aturan Umum dalam Permainan Billiard:

1. Sistem Break

Sistem Break merupakan salah satu aturan dalam olahraga Billiard. Break akan dilakukan secara bergantian dan khusus untuk break pertama dilakukan dengan sistem undian. Setiap Break, minimal harus ada empat bola yang menyentuh cushion atau akan dianggap pelanggaran jika kurang dari empat bola.

2. Posisi Kaki

Posisi kaki ketika melakukan tembakan juga harus disesuaikan dengan aturan permainan. Dalam aturannya, pemain tidak diperkenankan menembak bola dengan melompat atau satu kaki diangkat. Jika melakukannya, maka akan dianggap pelanggaran.

3. Sistem Kualifikasi

Olahraga Billiard memiliki sistem kualifikasi yang berbeda antara permainan biasa dengan babak final dan semifinal. Perbedaan tersebut terletak pada sistem gugurnya untuk mencapai tujuan. Pada permainan biasa, akan digunakan sistem best of three.

Pada babak semifinal dan final, akan digunakan sistem best of five. Perbedaan kedua aturan tersebut terletak pada pemenang dalam setiap pertandingannya.

Jika best of three, maka sang pemain harus memenangkan permainan sebanyak dua kali. Sedangkan, sistem best of five berlaku untuk tiga kali kemenangan.

4. Etika Bermain

Etika bermain termasuk dalam olahraga Billiard diatur sedemikian rupa demi menjaga sportivitas antar pemain. 

Dalam aturannya, pemain tidak boleh mengganggu lawannya jika sedang melakukan giliran main.

Selain itu, pemain yang belum mendapatkan giliran harus menunggu pada tempat yang sudah disediakan dan tidak diperkenankan merokok. 

Pemain juga tidak boleh mengintimidasi dan memperhatikan posisi tongkatnya agar tidak mengganggu lawannya.


5. Pelanggaran

Pelanggaran akan terjadi apabila pemain melakukan hal-hal berikut ini; 

- Bola putih masuk ke dalam lubang

- Bola putih mengenai bola lain selain pada nomor yang paling kecil yang tersisa di meja

- Bola keluar dari meja permainan

- Bola putih tidak menyentuh sasaran.

- Saat bola dipukul tidak menyentuh cushio

- Menaruh atau meninggalkan stik di meja

- Melakukan pukulan saat bola lain masih dalam keadaan bergerak.

6. Hukuman Bagi yang Melanggar

Hukuman bagi pemain akan dilakukan jika ia melanggar salah satu aturan di poin sebelumnya. Diantara hukuman tersebut adalah; Pemain lawan diberikan kesempatan untuk free ball atau pukulan bebas.

Lalu, jika pelanggaran dilakukan selama tiga kali berturut-turut, sang pemain akan dinyatakan kalah dalam permainan. Sebelum tiga kali, wasit haru terlebih dahulu memberitahukan jika pelanggaran sudah terjadi selama dua kali.

7. Susunan Bola

Bola Billiard akan disusun berbentuk wajik (diamond) ketika sebelum melakukan pukulan pertama. Posisi bola bernomor satu di bagian atas wajik, sedangkan untuk bola bernomor sembilan diletakkan di bagian tengah.

Lalu, jika sudah tersusun pemain diwajibkan memasukkan bola secara berurutan. Pemain yang lebih dulu memasukkan sembilan bola ke lubang secara sah akan dinobatkan sebagai pemenang

#red





 
Top