PADANG - Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Padang terus melakukan kampanye Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan), dalam rangka mewujudkan masyarakat, khususnya generasi muda di Kota Padang yang sehat, cerdas dan kuat. 

Kegiatan kampanye kali ini dilakukan di SDN 09 Berok Nipah Jalan Muara No. 51, Kecamatan Padang Barat, Selasa (30/1/2024). 

Ketua Forikan Kota Padang Ny. Genny Hendri Septa mengatakan, kegiatan Kampanye Gemarikan kali ini merupakan kolaborasi Forikan bersama Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang.

"Alhamdulillah, hari ini kita memberikan edukasi tentang manfaat memakan ikan dan sekaligus membagikan makanan olahan berbahan dasar ikan bagi murid SDN 09 Berok Nipah. Semoga dapat menambah minat anak-anak untuk mengkonsumsi ikan karena memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi," ujarnya.

Lebih lanjut istri Wali Kota Padang itu pun berharap masyarakat Kota Padang terutama generasi muda gemar mengkonsumsi ikan.

"Banyak mengkonsumsi ikan sangat bagus bagi kesehatan dan kecerdasan," tambah Ketua Forikan Kota Padang itu bersemangat.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Alfiadi menyebutkan, tingkat konsumsi makan ikan bagi warga Kota Padang mengalami peningkatan setiap tahun. 

"Berdasarkan data yang kita himpun, pada tahun 2021 angka konsumsi ikan warga Kota Padang sebesar 38 persen. Kemudian naik di tahun 2022 menjadi 43,1 persen dan di tahun 2023 naik lagi menjadi 46,7 persen," sebutnya.

"Kita bersyukur warga Kota Padang semakin banyak yang mengkonsumsi ikan. Ke depan bersama Forikan Kota Padang kita akan terus berupaya meningkatkan minat warga Kota mengkonsumsi ikan. Baik melalui sosialisasi, menggelar lomba cipta menu serba ikan dan kegiatan lainnya," sambung Alfiadi.

Dalam kesempatan ini juga hadir Ketua Forikan Kecamatan Padang Barat Ny. Hudila Pagara, Kepala Sekolah SDN 09 Berok Nipah beserta majelis guru dan para wali murid.

#rel/ede





 
Top