JAKARTA -- Anggota KPPS di Kelurahan Kuta Bumi, Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, N, mengeluhkan snack atau makanan yang diterima saat melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) Pemilu 2024. Ia mengeluh karena makanan yang diterima berupa makanan ringan, bukan makanan nasi.

"Kalau buat makanan, aku tuh hari ini dapat snack, itu juga kayak sisaan," kata N saat dihubungi, Minggu (28/1/2024).

Ia menuturkan, seharusnya dia melaksanakan Bimtek pada Sabtu kemarin, namun karena TPS tempat dia bertugas anggotanya berhalangan hadir sehingga diatur ulang menjadi Minggu (28/1/2024). Ia menyebut makanan yang didapat berupa air gelas mineral, dua kue dan juga kacang goreng.

"Soalnya aku dijadwalnya itu TPS ku Bimtek kemarin hari Sabtu, tapi karena pada berhalangan, orang-orang di TPS ku jadi kita ganti hari di hari Minggu ini, reschedule gitu, itu kan boleh asal orang itu ketua PPS kelurahan Kutabumi-nya itu," ujarnya.

"Isinya air putih, kayak ketan dikasih serundeng, jagung digoreng pake tepung, sama kue basah pasar manis satu. Makanan beratnya sama sekali nggak dapet. Yang dapet yang jadwalnya hari itu," lanjutnya.

N juga mengeluhkan uang transport Bimtek dan pelantikan yang belum diterima. Ia menyampaikan tidak ada informasi apapun mengenai uang transport.

"Kalau untuk uang transport hari ini aku Bimtek KPPS di kelurahan. Dari awal datang sampai pulang, sama sekali nggak diomongin masalah uang transport, nggak dikasih tahu orang PPS dari awal sampai akhir, nggak ngomongin kalau kita bakal dapat uang transport. Terus juga nggak ngomong entah mungkin dirapel atau gimana sama sekali nggak ada topik itu," ucapnya.

Ia mengaku baru mengetahui petugas KPPS mendapatkan uang transport dari temannya yang juga anggota TPPS. Meski demikian tidak ada informasi juga mengenai nominal uang transport yang akan diberikan.

"Aku tahunya malah dari teman di TPS lain bakal dapat, dan itu juga teman TPS lain bilang bakal dapatnya Rp 50 ribu doang. Kayaknya seharusnya lebih dari itu aku lihat seliweran di medsos," jelasnya.

"Aku nggak ikut pelantikan ya, yang ikut ketua KPPS aku, tapi dia juga nggak ngasih info apa-apa ada transport apa nggak. Temanku dari TPS lain juga nggak dapat uang pelantikan," imbuhnya.

KPU Kabupaten Tangerang Buka Suara

Dihubungi secara terpisah, Sekretaris KPU Kabupaten Tangerang, Reva menjelaskan petugas KPPS mendapat uang transport baik setelah pelantikan maupun saat Bimtek. Namun dia mengatakan uang transport itu belum bisa dibayarkan langsung karena ada proses yang harus dilalui.

"Pelaksanaan untuk pelantikan KPPS itu memang dapat, cuma memang dari awal sudah disampaikan itu terhutang dahulu. Karena memang butuh proses pengajuan ke rekening KPPN yang saya sampaikan tadi. Itu kami sudah mengusulkan di hari Kamis, jadi prosesnya itu dua hari kerja. Kalau memang prosesnya dua hari kerja, jadi hari Senin itu sudah masuk, harusnya sudah masuk nanti Senin (besok)," kata Reva.

Reva memaparkan sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi untuk pencairan uang transport tersebut, salah satunya data lokasi pelaksanaan Bimtek. Ia mengaku belum menerima data tersebut dari sejumlah TPS.

"Berkaitan transport di Bimtek KPPS, ada beberapa persyaratan dulu yang disampaikan ke KPPS salah satunya data lokasi pelaksanaan Bimtek. Nah, data ini informasi dari Kasubag kami belum menerima lengkap, dan memang data lokasi pelaksanaan Bimtek," ucapnya.

Ia menyampaikan proses pengajuan sampai pencairan berlangsung dua hari. Dia memastikan anggota KPPS akan mendapatkan haknya.

"Kemudian juga data sewa gedungnya, kan ada yang pelaksanaannya di gedung pemerintah, ada yang di gedung swasta, nah ini harus kami data dulu baru kami ajukan ke KPPN. Prosesnya sama kurang lebih dua hari. Dan Insyaallah soal hak itu kami pasti akan berikan kok karena itu hak, udah jelas," jelasnya.

Sementara, Reva mengaku belum mendapat laporan terkait keluhan makanan yang diterima N. Dia mengatakan seharusnya anggota KPPS mendapat makanan nasi dan juga makanan ringan.

"Ini saya belum tahu belum dapat konfirmasi, tapi seingat saya itu seharusnya mendapatkan antara snack dan makan. Harusnya harus dapat. Nanti saya sampaikan ke teman-teman tim agar segera direspons," imbuhnya.

#dtc/bin




 

 
Top