TANAHDATAR, SUMBAR -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Datar menyalurkan masker dan sabun cair untuk masyarakat terdampak erupsi marapi.

Selain secara mandiri, distribusi bantuan asal BNPB ini juga melibatkan lintas instansi seperti Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan setempat.

”Sampai saat ini sekitar 60 ribu masker serta sabun cair sudah kita distribusikan. Pendistribusian melalui kerjasama dengan Dinkes, PMI, Radio Pemda dan petugas Posko pemantauan erupsi Gunung Merapi.termasuk kerja sama dengan Sinas Pendidikan sesuai permintaan sesuai kebutuhan,” ujar Kalaksa BPBD Tanah Datar, Yusnen, Selasa (23/1/24).

"PMI yang diketuai ibuk Lisye Eka Putra juga menyalurkan ke sekolah-sekolah. Begitu juga Dinas Kesehatan, telah menyalurkan sebanyak 28.000 masker,” lanjutnya.

Selain itu, bantuan BNPB yang awalnya dijajaki oleh Bupati Tanah Datar itu juga didrop ke posko posko pengamatan bencana erupsi marapi di beberapa kecamatan.

"Masing-masing posko kita drop itu ada sekitar 2000 pcs masker. Jadi dari seluruh posko pengamatan kita, sudah ada 16.000 pcs masker,” ucap Yusnen

Yusnen mengimbau, jika kecamatan dan nagari membutuhkan masker sebagai pelindung kesehatan dari acaman sebaran abu vulkanik, maka dapat menghubugi posko posko pemantauan yang telah dibentuk BPBD Tanah Datar.

”Stock kita masih banyak dan akan terus kita salurkan bagi masyarakat, pihak nagari, kecamatan yang membutuhkan,” tutup Yusnen. 

#pkb/ede




 
Top