JAKARTA -- Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin tampak saling sokong pernyataan dengan calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD soal korupsi di ranah sumber daya alam (SDA) Indonesia. Ia menyatakan bahwa saat ini masih banyak tambang ilegal.

"Selain yang disampaikan pak Mahfud, salah satu yang memprihatinkan adalah data ESDM itu ada 2.500 tambang ilegal," bongkar Cak imin di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (21/1).

Padahal, katanya lagi, tambang yang legal saja saat ini tak memberikan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar. 

"Tambang yang legal saja tidak membawa kesejahteraan, dan kita menyaksikan dalam proses penambangan dan bisnis tanbang kita hilirasi dilakukan ugal-ugalan," ucapnya.

Cak Imin mencontohkan, tambang-tambang ilegal yang eksis beroperasi itu merusak lingkungan, membuat banyak kecelakaan, hingga tenaga asing yang mendominasi. 

"Di sisi lain perkembangan hilirisasi maupun tambang tidak signifikan dengan kesejahteraan masyarakat sekitar," ungkapnya.

Di Sulawesi Tengah, Ketua Umum PKB itu menyebutkan bahwa pertumbuhan ekonominya bisa sampai sekarang sudah bisa mencapai 13 persen.

"Tetapi rakyatnya tetap miskin dan tidak bisa menikmati, hilirisasi apa yang kita lakukan sementara ilegal masih terus berlangsung," tandasnya. 

#bpd/bin




 
Top