JEMBER, JATIM -- Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melakukan safari politik  Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 ke Kabupaten Jember, Sabtu (27/1/2024)

Kedatangan SBY di Jember disambut puluhan kader Partai Demokrat di Hotel Aston Jember, sekitar Pukul 13.22 WIB.

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat itu juga langsung berjabat tangan dengan para calon anggota legislatif (Caleg) Partai Demokrat yang akan bertarung pada 14 Februari 2024 mendatang.

Anggota Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat Anis Fauzan mengatakan bahwa kedatangan SBY di Jember untuk istirahat setelah melakukan kampanye akbar di Lumajang pada Jumat kemarin.

"Karena dalam sebulan terakhir Pak SBY turun ke Daerah Pemilihan (Dapil) DPR RI, untuk meningkatkan suara partai sekaligus mengkampanyekan Capres- Cawapres kami," ujarnya saat ditemui beberapa awak media.

Menurutnya, di Jember SBY hanya beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan untuk kampanye akbar di Banyuwangi. Sekaligus di Bumi Pandalungan ini, juga melakukan rapat terbatas dengan kader.

"Untuk memberikan motivasi kepada kader, termasuk Caleg DPRD Jember,DPRD Provinsi dan DPR RI," kata Anis.

Hal itu dilakukan, kata dia, anggota DPRD Jember dari Partai Demokrat hanya tersisa dua kursi. Padahal pada Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) 2014 pernah jadi pimpinan parlemennya.

"Sehingga kami harapkan, kedatangan Pak SBY bisa memotivasi kader-kader di bawah, agar bisa meningkatkan suara," tutur Anis.

Anis mengungkapkan, Demokrat menargetkan seluruh Dapil di Jawa Timur bisa terisi semua pada Pemilu 2024. Untuk kursi DPR RI.

"Begitu juga calon DPRD Provinsi. Dan untuk DPRD Kabupaten/Kota, kami targetkan kepada Ketua DPC agar bisa dapatkan kursi dewan," kata pria yang juga caleg Partai Demokrat di DPR RI Dapil Jember-Lumajang ini.

Ia mengungkapkan, hasil survei pada Desember 2023, tren suara partai yang dipimpin Agus Harimurti Yudhoyono ini, relatif meningkat untuk Pemilu 2024.

"Makanya sekarang ini kami genjot terus, kalau untuk survei Capres yang didukung Partai Demokrat, justru Dapil 4 alias Jember-Lumajang surveinya tertinggi sampai di 48 hingga 49 persen," ulas Anis, Caleg DPR RI Nomor urut 01 Dapil Jember-Lumajang ini.

Sebatas informasi, selain bertemu kader Partai Demokrat di Jember, kabarnya SBY juga akan menemui para tokoh masyarakat di City Fores Arum Sabil Kelurahan Antirogo Kecamatan Sumbersari Jember pada Minggu (28/1/2024). Setelahnya SBY akan bergeser ke Kabupaten Banyuwangi.

#trj/bin






 
Top