PADANG -- Fadly Amran, Ketua Majelis Pemuda Indonesia Sumatera Barat (MPI Sumbar) yang juga Ketua DPW Nasdem Sumbar, bangga banyak sosok muda yang kini sukses mengisi kursi legislatif di Sumbar, hasil Pemilu 2024 lalu. Apalagi sosok-sosok muda tersebut merupakan kader-kader Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sumbar dan KNPI sejumlah kabupaten/kota.

"Pasca Pemilu lalu, banyak kader-kader pemuda terutama kader KNPI Sumbar apalagi MPI Sumbar yang bakal duduk di kursi dewan, diantaranya Bung Ketua KNPI Sumbar Nanda Satria dan Bung Bendahara Varel Oriano. Ini merupakan bentuk keberhasilan pengurus KNPI Sumbar periode ini dan keberhasilan kaderisasi di KNPI yang dititahkan oleh para senior sejak dahulu," ujar Fadly Amran, Minggu (24/3/2024), di sela salah satu kegiatan yang digelar DPD KNPI Sumbar, di Padang.

Diketahui, kader muda dari KNPI Sumbar yang sukses bakal duduk di kursi legislatif DPRD Sumbar yaitu Ketua DPD KNPI Sumbar Nanda Satria dan Bendahara KNPI Sumbar Varel Oriano. Ditambah Wakil Ketua DPD KNPI Sumbar Manufer Putra Firdaus berhasil terpilih kembali menjadi anggota DPRD Kota Padang.

Lalu beberapa DPD KNPI Kab/Kota juga berhasil di tingkatan masing-masing, seperti Ketua KNPI Kota Solok Rio Saputra, Ketua KNPI Solok Selatan Sultan Alief Baloen dan Bendahara KNPI Kota Padang Argi Putra Finalo.

Diketahui kader-kader KNPI tersebut melenggang dari berbagai partai, seperti NasDem, PDIP, Gerindra, Golkar dan PKB.

Lebih jauh Fadly Amran mengatakan, keberhasilan pemuda dalam pemilu yang sudah tidak bisa disangsikan lagi, harus dijawab dengan pembuktian perannya itu seperti apa.

"Ini yang harus dijawab para sosok muda, pemuda ini betul-betul harus menjadi pembeda, dalam arti memberi warna dalam pembangunan,” ujar mantan Wali Kota Padang Panjang, yang kini digadang-gadang untuk maju pada Pilkada Kota Padang nantinya.

Menanggapi apresiasi positif Fadly Amran tersebut, Ketua DPD KNPI Sumbar Nanda Satria mengatakan, kesuksesan sejumlah sosok muda, terutama dari KNPI Sumbar, dalam pemilu 2024, memang bukan proses yang instan, melainkan buah kaderisasi para senior dan tempaan lainnya.

"Saya pribadi, ini mendongkrak semangat untuk semakin menunjukkan kiprah pemuda. Kami diberitahu senior, baru di kepengurusan KNPI Sumbar kali ini Ketua dan Bendahara nya terpilih langsung menjadi anggota DPRD Sumbar, dan juga banyak sosok muda dari KNPI yang sukses melenggang ke kursi legislatif. Kami bersepakat untuk bekerja serius dan menjadi semangat baru di legislatif nantinya agar Sumatera Barat lebih unggul," ujar Nanda.

Ia juga mengajak seluruh elemen pemuda Sumbar untuk bersatu membangun Sumbar agar cita-cita untuk menuju Sumbar Emas 2035 dapat terwujud.

“Mari bersama jadi pemuda yang berperan jangan jadi pemuda yang 'baperan'. Yang belum terpilih jangan berkecil hati. Menjadi anggota dewan hanya satu peranan. Kita butuh semua peranan di bidang masing-masing untuk membangun peradaban. Ayo satukan kekuatan, jika Indonesia Emas 2045 ingin kita capai, kita percepat agar Sumbar Emas 2035 bisa kita capai bersama,” serunya.

#hln/ede




 
Top