MENINGGALKAN rumah ketika sedang berlibur memang bukan hal yang sepele. Pastinya setelah lelah berlibur kita ingin beristirahat dengan tenang di rumah, bukan?

Beberapa pemilik rumah terkadang lupa mengecek keamanan rumah sebelum ditinggal dalam waktu yang lama. Maka dari itu kita harus pastikan dulu sebelum meninggalkan rumah. Karena kita nggak tahu apa yang akan terjadi dan seperti kata pepatah "lebih baik mencegah daripada mengobati".

Mengutip dari bhg.com, ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum kita meninggalkan rumah untuk liburan panjang.

Habiskan makanan yang cepat basi

Setelah pulang ke rumah kita pastinya nggak mau melihat makanan basi dan bau busuk di dalam kulkas, bukan? Maka kita bisa habiskan dulu makanan yang cepat basi dan rusak atau jika berlebih kita bisa bagikan ke tetangga sekitar rumah kita. Pastikan juga untuk makanan kaleng tidak melebihi masa expired.

Cuci semua peralatan dapur

Meninggalkan rumah dengan bak cuci piring penuh peralatan dapur kotor dapat mengundang hama seperti tikus. Maka dari itu, cuci semua peralatan dapur dan tinggalkan bak cuci piring dalam keadaan bersih agar tidak timbul bau busuk.

Membuang sampah

Sampah yang ditinggalkan berhari-hari di dalam rumah dapat menimbulkan bau busuk dan juga mengundang hewan pengerat seperti tikus. Buanglah sampah yang ada di rumah ke tempat pembuangan sampah sebelum meninggalkan rumah.

Cabut semua peralatan elektronik

Ada banyak kasus kebakaran karena korsleting listrik disebabkan barang elektronik masih menyala ketika rumah ditinggal berlibur. Oleh karena itu, pastikan kita telah mencabut semua barang elektronik kamu selain mengurangi risiko korsleting listrik juga dapat menghemat listrik.

Sediakan kunci cadangan untuk akses darurat

Dalam keadaan tertentu menitipkan kunci cadangan kepada tetangga atau orang terdekat dapat membantu terutama dalam kondisi darurat. Misalnya seperti ada kebocoran gas.

Hentikan pengiriman paket

Meninggalkan pesanan barang penting sangat beresiko. Maka dari itu, kita bisa menunda pengiriman paket atau menitipkannya ke tetangga yang dapat kita percaya.

Titipkan hewan peliharaan

Bagi kita yang punya hewan peliharaan jangan sampai abaikan peliharaan kita tersebut. Kita bisa menitipkannya kepada tetangga atau orang terdekat untuk memberi makan. Lebih baik lagi jika kita bisa menitipkan hewan peliharaan itu di penitipan hewan peliharaan.

Pastikan pintu dan jendela terkunci

Hal ini sangat penting namun masih ada beberapa pemilik rumah yang abai untuk mengunci pintu dan jendela mereka. Untuk keamanan ekstra bisa pasang gembok pintu untuk menghindari kasus pencurian.

Siram tanaman

Kita bisa menyiram tanaman kita sebelum pergi. Jika pergi dalam jangka waktu lama,  bisa minta orang terdekat untuk menyiramnya atau gunakan air tampungan.

Tutup Gorden

Jangan lupa tutup gorden agar isi dalam rumah tidak terlihat dari luar sebab bisa menarik perhatian pencuri. Rumah kosong dan jendela terbuka dapat menjadi sasaran empuk pencuri hingga perampok.

#dtc/bin




 
Top