PADANG -- Gunung Marapi di Sumatera Barat (Sumbar) kembali mengalami erupsi, Rabu (27/3/2024) pagi.

Letusan disertai lontaran abu vulkanik dengan ketinggian mencapai 1,5 kilometer dari atas puncak terjadi pukul 08.39 WIB. Demikian catatan pos pengamat Gunung Marapi di Kota Bukittinggi.

"Telah terjadi erupsi G. Marapi, Sumatera Barat, pada tanggal 27 Maret 2024 pukul 08.39 WIB dengan tinggi kolom abu teramati 1.500 meter di atas puncak," ungkap Kepala Pos Pengamat Gunung Api (PGA) Marapi Ahmad Rifandi dalam laporan tertulisnya, Rabu (27/3/2024).

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa erupsi terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 30,4 milimeter dengan durasi sekitar 54 detik. Selain pagi, letusan terjadi dini hari tadi, tepatnya pukul 00.13 WIB. Erupsi disertai dentuman keras.

PGA Marapi mencatat erupsi pada dini hari tadi juga disertai lontaran abu vulkanik sampai 1,5 kilometer.

Terkait kondisi tersebut, PGA Marapi mengimbau masyarakat yang beraktivitas di sekitar Gunung Marapi tidak mendekati dan beraktivitas pada radius 4,5 kilometer dari kawah.

"Karena statusnya Siaga, kami merekomendasikan warga untuk tidak beraktivitas pada radius 4,5 kilometer, sekaligus juga perlu mewaspadai aliran sungai untuk mencegah munculnya ancaman bahaya lahar yang dapat terjadi," katanya.

#dtc/ede




 
Top