TUBAN, JATIM -- Sebanyak dua rumah dan satu sekolah dilaporkan mengalami kerusakan akibat gempa yang mengguncang di Tuban, Jawa Timur, Jumat (22/3/2024).

Gempa magnitudo 6,5 terjadi sekitar pukul 11.22 WIB dan kemudian terjadi gempa susulan sekitar pukul 12.31 WIB berkekuatan magnitudo 5,3.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Jatim, Satrio Nurseno mengatakan, sejauh ini pihaknya menerima laporan ada dua rumah rusak akibat gempa itu, yakni di Kabupaten Gresik dan Kabupaten Tuban.

"Desa Telukjatidawang, Kecamatan Tambak, Pulau Bawesan, Gresik satu rumah rusak ringan. Kemudian di Desa Glagah, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, satu rumah rusak berat," katanya.

Selain itu, satu sekolah di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik mengalami kerusakan pada bagian kaca jendela salah satu ruangan kelas.

KEPINGIN Gabung Jadi Biro Perwakilan Media Online Sumatrazone di Wilayah Anda? Dapatkan Aneka Fasilitasnya! Hubungi Kami via WA: +6283181675398. SYARAT RINGAN, QUOTA TERBATAS!

"Di Desa Sungairujing, Kecamatan Sangkapura, Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, ada satu sekolah, SMAN 1 Sangkapura rusak," ujarnya.

Pulau Bawesan sendiri terletak di 120 kilometer utara Kabupaten Gresik. Diperkirakan goncangan gempa terasa kuat di wilayah setempat.

Saat ini, kata Satrio, pihaknya masih melakukan pendataan dampak kerusakan dengan koordinasi dengan BPBD masing-masing kota di Jawa Timur. BPBD juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada.

#cnn/bin

 
Top