YOGYAKARTA -- Kelompok AMKEI dan Melanesia disebut dalam bentrokan disusul kerusuhan di Babarsari, Yogyakarta pada Senin (4/7/2022) pagi.

Dalam salah satu versi Ikatan Pelajar Mahasiswa Papua (IPMA-Papua), mereka menyebutkan bahwa bentrokan di Babarsari terjadi antara AMKEI dan Melanesia.

IPMA-Papua turut menyebut akibat bentrokan 2 kelompok di Babarsari tersebut, salah satu mahasiswa Papua jadi korban salah sasaran.

Dalam surat nomor 05/IPMAPA/DIY tertanggal 3 Juli 2022, IPMA-Papua mengimbau kepada para mahasiswa/i Papua.

"Salam sejahtera buat kita semua,

Mengimbau kepada semua pihak, baik itu Mahasiswa/i, Paguyuban dan Komunitas Papua.

Berkaitan dengan pertikaian antara AMKEI dan Melanesia yang terjadi pada Sabtu subuh 1 Juli 2022 di area Jl. Seturan dan Jambusari.

Adapun salah satu korban salah sasaran yaitu berasal dari Timika Papua.

Nama: Dibrilian Jornes Tawarisi Rumbewas

Akibat dari serangan salah sasar tersebut korban mengalami cacat permanen yaitu tangan kanan terputus, tangan kiri tempurung tangan terpotong, kaki mengalami luka sayatan.

Posisi terakhir korban sekarang berada di RS JIH timur Polda DIY. 

Sehingga kami selaku Pengurus IPMAPA mengundang untuk seluruh paguyuban, mahasiswa dan pelajar yang berasal dari Papua agar besok,

Hari/tanggal: Senin 4 Juli 2022

Tempat: POLDA DIY

Jam: 08.00 - selesai

Dengan agenda meminta pertanggungjawaban polisi agar secepatnya menangkap pelaku salah sasaran yang mengakibatkan korban kami Mahasiswa Papua," bunyi surat tersebut. 

Diketahui, AMKEI merupakan singkatan dari Angkatan Muda Kei.

AMKEI juga biasa disebut sebagai Pemuda Kei atau orang Kei. Kei merupakan sebuah suku yang tinggal di Maluku.

Suku Kei banyak tinggal di Kepulauan Kei, Laut Arafuru. Beberapa nama yang turut dikenal adalah Jhon Kei dan Nus Kei.

Setelah bentrokan dan kerusuhan, kelompok AMKEI kemudian membuat pernyataan dalam sebuah video.

"Selamat malam saya Dani, mewakili keluarga besar AMKEI dan Maluku bersama saudara saya Kece.

Pada kesempatan ini menyatakan bahwa kami dalam kasus (Babasari) ini bersedia menahan diri dan menjaga keamanan dan ketertiban kota Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dan bersama-sama untuk saling memaafkan tetapi tuntutan dari kami ialah oknum-oknum yang menjadi pusat daripada pekerjaan tersebut harus dihukum dan diproses sesuai dengan hukum yang berlaku di negeri ini," kata Dani dikutip PortalYogya.com dalam sebuah video yang diunggah oleh akun Twitter @merapi_uncover.

Sementara Melanesia merupakan nama ras yang merujuk pada masyarakat yang mendiami wilayah seperti Nusa Tenggara Timur (NTT), Maluku dan Papua.

Selain itu ras Melanesia juga mendiami Papua Nugini dan kepulauan lain di wilayah Pasifik. 

Wilayah yang banyak terdapat ras Melanesia adalah di Indonesia bagian timur.

Dalam bentrokan di Babarsari, Polda DIY turut menyebut kelompok NTT dengan inisial L yang berseteru dengan kelompok K.

"Yang dari kelomopok NTT tadi inisial L kemudian yang kelomopk K yang bertanggung jawab atau selaku sekuriti di situ menyampaikan supaya tidak terjadi keributan.

Tapi kemudian di situ terjadi keributan dan ada pengrusakan di tempat hibuan tersebut. Ada monitor komputer yang pecah kemudian juga ada kaca yang pecah," ujar KBP Yuliyanto, Kabid Humas Polda DIY pada awak media, Senin (4/7/2022).

Di sisi lain, kelompok NTT usai bentrokan di Babarsari turut membuat pernyataan dan mengklarifikasi.

"Saya Luis menyatakan, saya mewakili adik-adik saya dari NTT semuanya, menyatakan akan menjaga kondusivitas DIY, khususnya Babarsari dan menyatakan tidak akan ada sweeping-sweeping atau pergerakan massa," ujar Sdr. Luis, dikutip PortalYogya.com dari sebuah video yang diunggah akun Twitter @horiteeee_.

#pjc/bin





 
Top