PADANG -- Perilaku tak lazim bahkan menjurus "rajatega" dalam rekaman video kembali jadi viral bahkan menuai kecaman di media sosial (medsos), lantas seperti biasa pelaku atau para pelaku setelah terciduk warga atau aparat penegak hukum (APH) meminta maaf secara terbuka kepada masyarakat luas melalui rekaman video. 

Kali ini kejadian viral menyulut kecaman netizen hingga masyarakat luas itu terjadi di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). 

Pada Minggu (3/9/2023) malam, komunitas pecinta kucing bersama warga berhasil mengamankan 3 wanita muda yang viral mencekoki kucing dengan minuman keras (miras) jenis soju. Mereka diamankan di kamar kos, di Kawasan Gurun Laweh, Kota Padang. 

Ketiganya diamankan saat hendak kabur dengan membawa koper penuh pakaian usai video mereka viral dan dikecam banyak pihak. Identitas ketiga wanita muda itu diketahui bernama Syinita Ade Putri, Lenni Marlina dan Sisri Annisa Wahida. Dari video yang beredar, para pelaku yang mengaku berstatus mahasiswi, membacakan permohonan maaf.

"Saya yang bertanda tangan di bawah ini, nama Syinita Ade Putri, Lenni Marlina dan Sisri Annisa Wahida, alamat Koto Panjang, Limau Manis, Sungai Manau, dengan ini berjanji tidak akan pernah lagi memelihara atau mengadopsi kucing dengan alasan apapun, menyerahkan kucing kepada salah satu perwakilan cat lover Kota Padang," kata mereka.

Ketiganya juga menyatakan bersedia membiayai pengobatan kucing yang telah dicekoki soju tersebut serta bersedia diproses hukum jika kembali mengulangi kesalahan.

"Sebagai rasa bersalah saya, saya bersedia untuk membiayai pengobatan kucing pasca dicekoki miras soju di dokter hewan dan biaya transportasi sebesar Rp 400 ribu. Jika terbukti saya kembali melakukan kesalahan, saya bersedia diproses hukum sesuai UU Perlindungan Hewan yang berlaku," kata mereka.

Salah satu anggota komunitas pecinta kucing, Silvi mengatakan, pihaknya akan membawa kucing yang dicekoki minuman keras tersebut untuk diperiksa ke dokter hewan. Terungkap pula kucing yang dicekoki soju itu diketahui berjenis Persia Medium, berusia 4-5 bulan serta mengalami masalah kesehatan yakni terinfeksi jamur di bagian dagu, tungau di telinga dan skabies di belakang telinga.

"Kucing ini setelah dicekoki soju harus diperiksa kondisinya, bagaimana kondisi ginjal, hati. Memang harus dibawa ke dokter hewan, paling besok kami bawa," ujarnya.

Sebelumnya, viral di medsos video yang memperlihatkan aksi "raja tega" tiga wanita muda mencekoki seekor kucing dengan miras. Hewan peliharaan itu dipaksa meminum miras hingga terlihat linglung.

Video aksi tak lazim yang beredar luas tersebut berdurasi 23 detik dan terlihat direkam di dalam sebuah kamar.

Dalam video terdengar suara tawa ketiga wanita muda tersebut sambil mengangkat dan mengayun-ayunkan seekor kucing ras. Setelahnya, mereka memberikan cairan dari botol yang diduga merupakan miras. Mereka memaksa kucing ini untuk meminumnya.

"Amaknya baduo ndak talok dek den do. Capeklah," kata perekam video dalam bahasa Minang yang bila diartikan "Ibunya ada dua, saya nggak sanggup. Ayo cepatlah..,"

Usai mencekoki kucing dengan miras, ketiga wanita muda itu kembali tertawa keras. Kucing tersebut terlihat berjalan dan sempat terdiam beberapa saat sebelum akhirnya berjalan di atas keset kaki.

#dtc/bin





 
Top