PESSEL, SUMBAR -- Lebih dari 8.000 warga Kota Padang dan di Painan, Kabupaten Pesisir Selatan(Pessel), Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) terdampak banjir yang terjadi sejak Kamis (7/3/2024) sore hingga Jumat (8/3/3024) malam.

Daerah yang terdampak banjir ada delapan kecamatan di Padang yaitu Kecamatan Lubuk Begalung, Lubuk Kilangan, Pauh, Koto Tangah, Padang Utara, Kuranji, Naggalo dan Padang Selatan. Sementara di Pessel, banjir melanda Kecamatan Kecamatan koto XI Tarusan, kecamatan Bayang dan kecamatan IV Jurai.

Pusat Pengendalian Operasi BNPB mencatat 8.118 warga masih terdampak banjir, sedangkan mereka yang mengungsi berjumlah 2.947 warga. Badan Penanggulangan Bencana Daerah 5 (BPBD) Kota Padang terus melakukan pendataan populasi yang mengalami dampak bencana hingga Jumat (8/3/2024) malam pukul 23.00 WIB.

Sebanyak delapan kecamatan di Padang terendam dengan ketinggian muka air bervariasi hingga 1,5 meter. Banjir akibat intensitas hujan tinggi sejak Kamis (7/3/2024) merendam ratusan rumah di kota Padang dan sekitarnya sehingga warga diungsikan ke tempat yang lebih aman.

Pada Kamis (7/3/2024), BRI Regional Office Padang melalui Branch Office Padang dan Painan turun langsung memberikan bantuan tanggap darurat bencana kepada korban yang terdampak banjir di Kota Padang dan Painan berupa ratusan nasi bungkus,  makanan siap saji, biskuit dan air minum kemasan yang diserahkan ke masyarakat dan perangkat desa di Padang dan Painan yang terdampak bencana banjir.

BRI akan terus memantau dan menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terkena bencana alam banjir, karena hal ini merupakan komitmen dan kepedulian yang diberikan BRI untuk meringankan korban bencana alam.

#rel/ede

 

 
Top