PADANGPARIAMAN, SUMBAR -- Sebanyak 15 kecamatan di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) terendam banjir, dipicu hujan dengan intensitas tinggi melanda daerah tersebut sejak Kamis (7/3/2024) sore.

Kalaksa BPBD Padang Pariaman, Budi Mulya menyebut dampak banjir terparah di Kabupaten Padang Pariaman berada di Kecamatan Ulakan Tapakis. Banjir di sana disebut mencapai setinggi dada orang dewasa.

"Banjir tersebar di lima belas Kecamatan di Padang Pariaman. Sementara kecamatan yang paling parah itu terjadi di Kecamatan Ulakan Tapakis. Banjir merata ke seluruh korong. Ketinggiannya setinggi dada orang dewasa," kata Budi pada awak media, Jumat (8/3/2024).

Selain rumah yang terendam banjir, Budi menyebut banjir juga menyeret beberapa rumah warga yang terbawa arus banjir. Sementara tiga warga juga menjadi korban longsor di Padang Pariaman. Dua dari mereka ditemukan dalam keadaan tewas.

"Laporan rumah hanyut terbawa banjir juga kami terima. Tapi totalnya kami belum bisa merincikan berapa jumlahnya. Karena tadi masih proses evakuasi masyarakat. Saat ini masyarakat semuanya sudah berhasil di evakuasi," jelasnya

"Tiga warga juga menjadi korban tertimbun longsor. Saat ini mereka sudah berhasil dievakuasi. Satu dari mereka selamat. Dan dua lagi ditemukan dalam keaadaan meninggal dunia. Korban itu berada di Kecamatan VII Koto Patamuan," ungkapnya.

Budi juga mengajak masyarakat Padang Pariaman untuk waspada, sebab potensi hujan masih akan terjadi di Padang Pariaman.

"Masyarakat untuk saat harus tetap waspada. Mengenali posisi ancaman di sekitarnya. Baik yang tinggal di perbukitan dan sungai," jelasnya.

Sementara saat ini dapur umur di Padang Pariaman juga sudah berdiri.

Sebaran banjir di Padang Pariaman:

Kecamatan Lubuak Aluang

Kecamatan 2x11 Kayu Tanam

Kecamatan Batang Anai

Kecamatan V Koto

Kecamatan Sungai Limau

Kecamatan Sitonga

Kecamatan V Koto Timur

Kecamatan Anam Lingkuang

Kecamatan 2x11 Enam Lingkuang

Kecamatan Nan Sabaris

Kecamatan Sungai Geringging

Kecamatan VII Koto

Kecamatan V Koto

Kecamatan VII Koto Patamuan

Kecamatan Ulakan Tapakis

Daerah terdampak Longsor:

Kecamatan Lubuak Aluang

Kecamatan 2x11 Kayu Tanam

Kecamatan 2x11 Enam Lingkuang

Kecamatan Batang Anai

Kecamatan Sungai Geringging

Kecamatan V Koto

Kecamatan Sungai Limau

Kecamatan V Koto Timur

Kecamatan VII Koto Patamuan

#dts/bin

 
Top