Foto bareng penggiat lingkungan seusai menandatangani Komitmen Bersama Geber Emas

PADANG -- Aksi Gerakan Bersama Edukasi Masyarakat (Geber Emas) yang diadakan Forum Bank Sampah Memilah Sampah Menabung Emas (BS MSME) Indonesia mendapat respon positif masyarakat.

"Saya mendukung kegiatan Geber Emas ini karena banyak manfaatnya seperti kita diajak bersih rumah tangga dari sampah terutama sampah plastik," ucap Nani, warga Rimbo Kaluang, Padang Barat di sela penyerahan tas belanja berbahan non plastik, Minggu (12/6-2022).

Aksi Geber Emas yang dihelat di GOR Agussalim Padang dalam rangkaian Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini, resmi dibuka Kadis Lingkungan Hidup diwakili Kabid Kemitraan, komunikasi dan Program DLH Kota Padang, Innsanul Rizky ST.

Menurut Rizky, aksi Geber Emas ini sangat perlu didukung semua pihak karena dapat mengurangi timbulan sampah terutama sampah plastik.

Kita sangat khawatir karena produksi sampah hampir mencapai 500 ton per hari. Jika kondisi ini tak segera diantisipasi maka diperkirakan TPA takkan bisa lagi menampung sampah empat sampai lima tahun kedepan.

Untuk itu, harapnya, aksi Geber Emas ini perlu kita dukung dan terus dilakukan secara terprogram bersama penggiat lingkungan.

Pengurus BSPD 11 berikan edukasi pada masyarakat untuk menggunakan tas belanja non plastik

Sementara Deputy Bisnis Pegadaian Area Padang, Januardi menyatakan bahwa pihaknya selalu berkomitmen untuk membantu kegiatan bank sampah dalam upaya mengurangi timbulan sampah.

Sedangkan Ketua Forum BS MSME Indonesia Mina Dewi Sukmawati berharap selepas aksi Geber Emas semua peserta agar dapat menjadi duta literasi untuk mengentaskan timbulan sampah plastik di masyarakat.

Aksi Geber Emas ini, menurut Eko Muhardi selaku Ketua Panitia Forum BS MSME, juga diwarnai penandatanganan Komitmen Bersama Geber Emas Kurangi Sampah Plastik dari Sumber Timbulan Sampah Plastik.

Dalam kegiatan yang turut didukung Pegadaian, Forum BS MSME, BS Pancadaya, Walhi, J&T, UNP, Ecobby, Crown, ASR dan Gilpras ini panitia bersama mitra dan pengurus bank sampah memberikan literasi dan edukasi penggunaan tas belanja berbahan non plastik kepada masyarakat serta pemberian dooprize

#rel/red




 
Top