BUKITINGGI, SUMBAR -- Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Sumatera Barat (Sumbar) menargetkan Pariwisata Sumbar lebih mendunia setelah terpuruk hampir dua tahun sejak masa pandemi.

Ketua DPD ASPPI terpilih, Hade Ranty Juma saat pelantikan pengurus periode 2022-2026 yang dihadiri Dinas Pariwisata Pemkot Bukittinggi, PHRI, HPI, Asita di Bukittinggi, Sabtu (18/6/2022), mengatakan dengan pelantikan pengurus periode 2022-2026 dapat membantu pelaku wisata untuk bersama memperkenalkan pariwisata sumbar mendunia, tidak hanya makanan saja tapi objek wisata serta SDM nya juga harus mendunia.

ASPPI Sumbar menurutnya terdiri dari beberapa pelaku pariwisata baik di bidang travel agent, perhotelan dan homestay, tour guide, penyedia kerajinan lokal dan lainnya.

"Semua kami yang berkecimpung di dunia pariwisata termasuk media pariwisata Insyallah siap bahu membahu untuk membangun pariwisata sumbar dengan program yang akan dirancang pada Rakerda," katanya.

Hade Ranti mengatakan salah satu ajang promosi tahunan yang akan dilaksanakan adalah MTM 5 dengan tema Empowerman Society and Culture.

"Kami akan melibatkan masyarakat untuk mendukung kegiatan pariwisata sehingga masyarakat lokal juga merasakan dampak dari pariwisata, sebagaimana sekarang di Sumbar banyak sekali desa wisata yg sangat potensial untuk dijadikan destinasi wisata oleh wisatawan," kata Ranty menjelaskan.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Bukittinggi, Hendry mengatakan ASPPI sebagai mitra kerja pemerintah akan bekerjasama untuk pariwisata lebih baik di Bukittinggi dan Sumbar umumnya.

"Tanpa adanya dukungan dari mitra, pariwisata tidak akan berjalan baik, perkembangan pariwisata meningkat setelah pandemi, target Pendapatan Asli Daerah (PAD) target semester satu sudah 70 persen, artinya kunjungan meningkat," kata Hendry.

Ia mengatakan akan menggandeng pelaku wisata untuk promosi produk Bukittinggi melalui koordinasi yang ditingkatkan.

"Bapak Wali Kota juga merencanakan rapat koordinasi bersama semua pelaku wisata untuk berkomitmen dalam arah tujuan wisata selanjutnya di kota wisata," kata dia.

Sementara itu, Sekretaris umum DPP ASPPI, Rudi Indriawan mengatakan pihaknya akan melibatkan semua pelaku pariwisata dalam upaya peningkatan kualitas melalui sertifikasi dan pelatihan serta promosi wisata.

"Kita akan libatkan dan ajak semua pelaku pariwisata untuk meningkatkan profesionalisme karena bisa dikatakan dua tahun pandemi membuat aktivitas wisata terhenti sementara, mari kerjasama untuk dapatkan ilmu," katanya.

Susunan Pengurus ASPPI Sumatera Barat 2022-2026, Dewan Pengawas Daerah yaitu Febby Dt. Barbanso, M Iqbal, Tasnim Syahnur.

Ketua dijabat oleh Hade Ranti Juma, Wakil Ketua Widya Friyani, Mariance Simarmata dan Hanif.

Sekretaris dijabat oleh Riwayatul Ismi, Wakil Sekretaris Ade Trisna Dewi, Bendahara Andri Kurniawan dan Wakil Bendahara Desi Andriani dan Ratmiwati

Departemen UMKM Sri Engla, Departemen Koperasi Erna Dovita, Departemen IT Nanang Syarwandi, Departemen Tour Efrison, Departemen Dokumentasi Dwi Adhitya Parameshwara, Departemen SDM dan Litbang Eddi Novra, Departemen Profesi dan Kode Etik Zulfikri Piter.

#ant/ede




 
Top