PADANG -- Ketua Dewan Pengurus Daerah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (DPD LPM) Kota Padang Irwan Basir Dt Rajo Alam, SH, MM, Jumat (17/6/2022) malam mendatangi tempat persemayaman terakhir Lauwwira, SH, anggota DPRD Kota Padang dari Fraksi Golkar dan PDIP yang meninggal dunia pada Rabu (15/6/2022) lalu.

Kedatangan Irwan Basir ke rumah duka Himpunan Bersatu Teguh (HBT) di kawasan pecinan Padang Selatan adalah untuk menyampaikan ungkapan belangsungkawa atas berpulangnya Lauwwira. Diketahui, Lauwwira yang pada penghujung hayatnya aktif sebagai politisi juga dikenal luas sebagai salah seorang tokoh masyarakat keturunan Tionghoa di Kota Padang.

Kedatangan Irwan Basir yang baru saja terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Dekopinda Kota Padang ke Rumah Duka HBT disambut oleh keluarga dan kerabat lainnya.

Irwan Basir pada kesempatan itu menyampaikan turut berdukacita atas wafatnya  seorang tokoh yang dikenalnya sangat baik dan mudah bergaul dengan siapa saja.

"Semasa hidupnya yang saya ketahui beliau adalah orang bermasyarakat dan aktif di organisasi sehingga menjadi anggota DPRD Kota Padang. Beliau orang yang ramah, mudah senyum dan dikenal sangat mudah bergaul dengan siapa saja. Atas nama pribadi dan pengurus DPD LPM Kota Padang, saya menyampaikan turut berdukacita atas kepergian beliau," ungkap Irwan Basir.

Sejauh yang ia kenal, mendiang Lauwwira semasa hidup aktif dalam kegiatan organisasi seperti menjadi pengurus Federasi Olahraga Barongsai Indonesia Provinsi Sumatera Barat (FOBI Sumbar) dan pengurus kongsi sosial HBT.

Lebih dari itu, mendiang juga merupakan rekan se-angkatan di Fakultas Hukum Universitas Andalas (Unand).

Kepada keluarga, Irwan Basir berpesan agar selalu tabah dan kuat menerima kepergian orang-orang yang dicintai. "Kematian ini adalah hal yang biasa terjadi dan semua kita juga akan menjalaninya. Mungkin waktunya saja kita yang tidak tahu kapan datangnya dan dimana kita akan dijemput-Nya," urainya.

Anak perempuan mendiang, Edlyn Edrea Lawuly mengatakan sangat berterima kasih atas kedatangan Irwan Basir. Dia merasa terharu karena Irwan Basir yang dia ketahui selalu turun menemui warga kota Padang yang ditimpa musibah dan tak pernah membeda-bedakannya. 

Sebagaimana diketahui, perjalanan karier Lauwwira sebelum duduk di DPRD Kota Padang, ia tercatat sebagai politisi dari PDIP Kota Padang. Lauwwira menjadi anggota DPRD Kota Padang melalui mekanisme Pergantian Antar Waktu (PAW), menggantikan Mailasa Waruwu yang meninggal dunia beberapa waktu lalu.

Kepergian Lauwwira meninggalkan seorang isteri bernama Tellyana dan dua orang anak Eldwin Lauwly dan Edlin Edrea Lauwly.

#ede




 
Top