PADANG -- Limpahan Air Terjun Lembah Anai selama beberapa jam tadi sore, selepas Maghrib telah mulai berkurang. Kendati hujan masih mengguyur, jalur Padang - Bukittinggi yang tadinya sempat ditutup telah kembali dibuka. 

Kabar baik ini disampaikan Kasatlantas Polres Padang Panjang Iptu Aldy Lazuardy melalui video yang beredar di jejaring Whats'App (WA), Senin (13/6/2022) malam.  

Namun demikian, jika debit air kembali bertambah dan melimpah ke jalan, tidak menutup kemungkinan untuk menutup kembali jalur Padang-Bukittinggi. 

Pihaknya juga meminta kepada pengendara yang hendak ke Bukittinggi dan sekitarnya untuk melewati jalur alternatif Malalak.

Sebagaimana sejumlah video yang viral di berbagai jejaring medsos tadi sore, debit air pada Air Terjun Lembah Anai meningkat signifikan seiring guyuran hujan deras selepas pukul 15.00 WIB pada kawasan setempat. Limpahan air bahkan membuat air terjun yang tadinya hanya satu jadi bercabang. Suasana sempat mencekam kala itu. 

Sejumlah pengendara sepeda motor menyebutkan, limpahan air ke jalanan di depan air terjun tadi sore bahkan sampai seleher orang dewasa.  

Kendati Air Terjun Lembah Anai secara administratif masuk wilayah Kabupaten Tanah Datar, tepatnya di Kecamatan Sepuluh Koto, namun dari segi akses jajaran kepolisian terdekat dengan kawasan wisata ini adalah Polres Padang Panjang. 

Mengingat hujan di Kota Padang Panjang sendiri tidaklah terlalu deras pada sore tadi, alhasil info kejadian tak secara cepat diketahui oleh pihak Polres Padang Panjang. Petugas bergegas datang ke lokasi setelah mendapat laporan dari relawan bencana.

 #ksb/red




 
Top