TANAHDATAR, SUMBAR -- Melatih daya baca anak melalui pembiasaan membaca buku apa saja 15 menit sebelum kelas dimulai, itu yang bakal diterapkan Capres No.1 Anies Baswedan bilamana ia bersama pasangannya Muhaimin Iskandar memenangkan Pilpres 2024.

"Kami ingin nanti ada pembiasaan bagi anak-anak kita, 15 menit sebelum kelas dimulai, mereka membaca buku apa saja," ujar Anies Baswedan saat menghadiri acara Desak Anies di Lapangan Cindua Mato Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Rabu (3/1/2023).

BACA JUGA: Rizal Ramli di Mata Anies Baswedan...

Capres berlatar akademisi yang pernah menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI di kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini berkomitmen menumbuhkan literasi anak-anak di Indonesia. Salah satu caranya, ya itu tadi. "Dengan melatih daya baca".

KEPINGIN Gabung Jadi Biro Perwakilan Media Online Sumatrazone di Wilayah Anda? Dapatkan Aneka Fasilitasnya! Hubungi Kami via WA: +6283181675398. SYARAT RINGAN, QUOTA TERBATAS!

Terkait jenis bacaan, menurutnya tidak perlu penyeragaman. Caranya, bawa bukunya dari rumah, pilih sendiri jenis bacaannya.

"Jangan diharuskan, biarkan mereka memilih buku yang disukainya lalu dia baca selama 15 menit. Jika hal tersebut rutin dilakukan, maka akan menjadi kebiasaan bagi anak-anak," paparnya.

BACA JUGA: Rokok "Wezz Bold" Beredar, Diduga Toko...

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengakui, budaya membaca memang tidak otomatis, butuh pembiasaan. "Tetapi itulah yang ingin kami kerjakan," imbuhnya.

Ketika mulai terbiasa membaca, ujar Anies lagi, maka anak-anak juga perlu didorong untuk menjadi penulis. 

"Dengan begitu, nantinya kita punya generasi baru yang memiliki daya baca dan generasi yang bisa menuliskan gagasan pikirannya," pungkas Anies.

#jpnn/bin





 
Top