JAKARTA— Bambang Widjojanto menyebut ketertarikan masyarakat terhadap Partai Demokrat meningkat lantaran adanya kasus yang membelitnya bersama kubu Moeldoko Cs. 

Isu miring dan berbagai masalah yang menghimpit Partai Demokrat, dinilai Bambang Widjojanto alias "BW" sebagai daya tarik utama yang mempengaruhi elektabilitas partai berlambang mercy ini.

Hal itu disampaikan BW dalam acara diskusi virtual Proklamasi Democracy Forum dengan tema “Kedaulatan Partai Politik, Hukum dan Masa Depan Demokrasi Kita”, Minggu (21/11/2021) malam. 

“Kalau dilihat secara positif, tantangan-tantangan yang ada justru menempatkan Partai Demokrat meningkat terus menerus,” ujar BW yang merupakan pakar hukum dan pejuang demokrasi ini.

Ia melihat, partai yang dipimpin Agus Harimurthi Yudhoyono itu saat ini memiliki elektabilitas yang tinggi.

“Sekarang dalam top mind public termasuk yang cukup tinggi, kalau lihat data-datanya dia satu sampai tiga partai demokrat ada di posisi ketiga bergeser ke dua,” ucap BW.

Menurutnya lagi, ketertarikan masyarakat terhadap Partai Demokrat lantaran adanya kasus yang membelitnya bersama kubu Moeldoko Cs.

Prahara ini dia sarankan agar dimanfaatkan untuk bangkit dan mengambil hati rakyat.

“Yang diperlukan adalah bagaimana memanfaatkan tantangan ini menjadi bagian dari peningkatan kinerja dari parpol,” imbuhnya.

Bagi BW, sistem demokrasi dan demokratisasi yang ada di Indonesia akan lebih baik diemban oleh Partai Demokrat.

Caranya, dengan memenangkan hati rakyat pada Pemilu Serentak tahun 2024 mendatang.

Namun BW mengingatkan, memenangkan hati rakyat bukan hanya soal elektabilitas yang meningkat atau dikenal banyak masyarakat.

Tapi melalui kasus-kasus yang sedang dihadapi, Demokrat harus tahu bagaimana bisa menjadikannya sebagai batu loncatan menuju pucuk kemenangan.

One step ahead. Teman-teman di Demokrat harus menggunakan momentum itu untuk menunjukkan bahwa keberadaan partai demokrat betul-betul kompatibel dengan kebutuhan masyarakat,” katanya.

“Saya meyakini program-program itu sedang dan sudah dilakukan sebagian. Kalau ini bisa ditingkatkan, maka banyak hal yang bisa terjadi untuk kepentingan dari Partai Demokrat,” tutupnya.

#rmol/bin





 
Top