MOSKOW -- Otoritas Rusia menyelidiki dugaan pemerkosaan setelah video penyiksaan mengerikan terhadap para narapidana (napi) pria di klinik penjara setempat, dirilis ke publik. Rekaman video itu menjadi bagian dari sejumlah besar dokumen rahasia yang didapatkan para aktivis setempat.

Seperti dilansir AFP, Rabu (6/10/2021), proyek anti-penyiksaan, Gulagu.net, yang memiliki sumber-sumber di dalam sistem penjara Rusia, disebut telah mendapatkan lebih dari 1.000 file video yang diduga menunjukkan tindak penyiksaan aparat di berbagai penjara di negara komunis tersebut.

Pada Senin (4/10/2021) tengah malam waktu setempat, pihak Gulagu.net mempublikasikan sebuah video yang menunjukkan seorang napi pria telanjang disodomi paksa dengan tongkat (pentungan-red) di rumah sakit penjara yang merawat pasien tuberkulosis di kota Saratov. Pria yang diikat ke tempat tidur itu terdengar berteriak kesakitan.

Berbicara kepada AFP, Vladimir Osechkin yang mengelola Gulagu.net menuturkan kelompoknya menerima video tersebut dan beberapa video lainnya -- diduga direkam dengan peralatan penjara -- dari seorang warga negara Belarusia yang pernah dibui di Saratov.

Warga Belarusia yang tidak disebut namanya itu, dibebaskan pada Februari lalu dan mengirimkan beberapa rekaman video ke Gulagu.net sejak Maret.

"Kami menyebutnya sebagai Snowden Belarusia kami," sebut Osechkin yang tinggal di Prancis.

"Ini pertama kalinya pembela hak asasi manusia mendapatkan sejumlah besar informasi yang membuktikan sifat penyiksaan sistemik di Rusia," imbuhnya.

Referensi

Republik Belarus atau Belarusia adalah sebuah negara di Eropa Timur dengan ibu kota Minsk. Negara ini secara administratif terbagi menjadi 6 provinsi (voblast) dan sebuah kota khusus. Berbatasan dengan Rusia di timur dan timur laut, Ukraina di selatan, Polandia di barat, dan Lituania dan Latvia di barat laut.

Belarusia mencakup area seluas 207.600 kilometer persegi (80.200 mil persegi), dengan populasi 9,4 juta, dan merupakan negara terbesar ketiga belas dan kedua puluh terpadat di Eropa. 

Negara ini secara administratif dibagi menjadi tujuh wilayah, dan merupakan salah satu yang paling urban di dunia, dengan lebih dari 40% dari total luas daratannya adalah hutan.

#dtc/bin




 
Top