MOSKOW, RUSIA -- Otoritas penjara Rusia memecat lima pejabat, termasuk kepala rumah sakit dan seorang kepala daerah, setelah munculnya video mengerikan tentang dugaan pemerkosaan narapidana (napi) di sebuah rumah sakit penjara.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (7/10/2021), video dugaan pemerkosaan dan penyiksaan di rumah sakit penjara yang merawat napi penderita tuberkulosis di pusat kota Saratov diterbitkan minggu ini oleh Gulagu.net, sebuah kelompok hak asasi yang bertujuan untuk mengekspos pelanggaran dalam sistem penjara Rusia yang luas.

BACA JUGA: Nestapa Napi Pria di Negara Komunis... 

Sebuah video yang menunjukkan seorang napi pria telanjang disodomi dengan tongkat (pentungan) di rumah sakit penjara yang merawat pasien tuberkulosis di kota Saratov. Napi yang diikat ke tempat tidur itu terdengar berteriak kesakitan.

Dinas Penjara Federal (FSIN) dengan cepat mengumumkan penyelidikan, dan pada hari Rabu (6/10/2021) FSIN mengatakan bahwa kepala rumah sakit penjara, Pavel Gatsenko dan tiga pejabat penjara regional telah dipecat.

FSIN menambahkan, Alexei Fedotov, kepala regional di Saratov, juga akan dicopot dari jabatannya karena "kesalahan serius" dalam pekerjaannya.

Disebutkan bahwa hasil penyelidikan akan diserahkan kepada Komite Investigasi, yang memeriksa kejahatan besar di Rusia.

Komite Investigasi mengatakan telah membuka tujuh penyelidikan kriminal, termasuk penyerangan seksual dan penyalahgunaan kekuasaan dalam sistem penjara Saratov.

#dtc/bin




 
Top