JAKARTA -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberi selamat atas dilantiknya Andika Perkasa sebagai Panglima TNI. KPK berharap, Andika meneruskan visi dan misi pencegahan tindak pidana korupsi di tubuh TNI.

"KPK mengucapkan selamat dan sukses atas pelantikan Panglima TNI Jenderal Andhika Perkasa. Kami berharap Panglima TNI baru melanjutkan visi dan tauladan anti korupsi di tubuh TNI maupun bagi masyarakat luas," ujar Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron dalam keterangannya, Kamis (18/11/2021).

BACA JUGA: KPK Dukung Jaksa Agung Hukum Mati Koruptor Jiwasraya 

Ghufron juga berharap Andika bisa meningkatkan sinergitas dan kerja sama dengan KPK dalam melawan tindak pidana korupsi. Ghufron berhadap para prajurit TNI bersih dari perilaku koruptif yang merugikan negara dan masyarakat.

"Yang selama ini telah berjalan baik dan kami berharap sinergi KPK dengan TNI dapat terus ditingkatkan sebagai dedikasi bela negara masa kini yaitu melawan korupsi," kata Ghufron.

Presiden Jokowi melantik Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang memasuki masa pensiun. Pelantikan dilakukan di Istana Negara Jakarta, Rabu (17/11/2021).

Andika Perkasa dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 106 tahun 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI. Keppres dibacakan oleh Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Tonny Harjono.

BACA JUGA: KPK: Politik Dinasti Buka Celah Terjadinya Korupsi

"Memberhentikan dengan hormat Marsekal Hadi Tjahjanto dari jabatan Panglima TNI disertai ucapan terima kasih dan pengabdian jasa yang telah disumbangkan kepada bangsa RI selama memangku jabatan tersebut," kata Sekretaris Militer Presiden membaca salinan Keppres.

"Mengangkat Andika Perkasa sebagai Panglima TNI. Keppres mulai berlaku sejak pelantikan pejabat," sambung dia.

Jokowi lalu membimbing Andika Perkasa mengucapkan sumpah jabatan Panglima TNI. Dia berjanji akan dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan dan bekerka sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab.

"Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit," ucap Andika.

#mdk/nov






 
Top