PADANG -- Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Padang sudah memberangkatkan 5 (lima) Kelompok Terbang (Kloter) jemaah haji ke Arab Saudi. 

Terbang dalam fase gelombang 1 jemaah haji Embarkasi Padang diterbangkan dari Bandara International Minangkabau (BIM) menuju Bandara Pangeran Muhammmad bin Abdul Aziz Medinah. 

Jemaah haji Kloter V Embarkasi Padang  take off pada  Rabu (8/6/2022) malam pukul 19.40 WIB. Keberangkatan Kloter V diantarkan langsung ke tangga pesawat oleh Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, H. Helmi didampingi Kabag TU Miswan dan Kepala Bidang PHU, Joben. 

Dalam kesempatan itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatra Barat, Helmi menyampaikan Embarkasi Padang sudah memberangkatkan 5 (lima) dari 8 (delapan) Kloter jemaah haji. 

"Dengan diterbangkannya jemaah Kloter V ini sebanyak 1.963 jemaah sudah tiba di Arab Saudi atau Madinah. Alhamdulillah semua jemaah kita dalam keadaan sehat walafiat," ungkap Kakanwil. 

Saat ini kata Kakanwil didampingi Joben, jemaah haji sedang melaksanakan ibadah arbain di Madinah menunggu keberangkatan ke Mekkah 9 hari setelah mereka sampai di Medinah. 

Sementara, Kabid PHU Joben menyampaikan, Jemaah Kloter V berasal Kabupaten Dharmasraya 148 orang, Payakumbuh 122 orang, Pesisir Selatan 56 orang, Kota Solok 48 orang, Kota Padang 12 orang, PHD 3 orang dan petugas Kloter 4 orang jumlah 393 orang. 

Tahun ini Embarkasi Padang memberangkatkan 2.881 orang, terdiri dari jemaah Sumatera Barat 2.093, Petugas Haji Daerah (PHD) 10 orang dan Petugas KBIHU 3 orang ditambah petugas Kloter 28 orang. 

Sementara jemaah haji Bengkulu sebagai Embarkasi Antara berjumlah 747 orang. Untuk jemaah Bengkulu tidak diinapkan di Asrama Haji, hanya transit (pindah pesawat) di BIM.

"Insya Allah jemaah haji Bengkulu akan tiba di BIM pada Kamis ini dengan dua penerbangan dari Bengkulu. Jemaah tetap disambut dengan lantunan shalawat dan disambut secara resmi," ulas Joben. 

Kloter V didampingi 4 petugas Kloter, Ketua Kloter Ermizaldi Pembimbing Ibadah H. Hamid Arwani, Dokter Gusti Hardianti Paramedis Mercy Suswani Basral. Sementara Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD), Ramadhani Kirana Putra, Muhamad Ridwan Zul Akla dan Ito Hadi Sista. 

Turut mengantarkan jemaah Ketua Dharmawanita Ny. Nazifah Helmi bersama Sekretaris Ny. Karleni Miswan, Kakan Kemenag Kota Payakumbuh, Ramza Husmen, Pessel Abrar Munanda, Kakan Kemenag Solok, Afrizal Thaib, Kasi PHU Dharmasraya Nelson serta petugas PPIH. Rinarisna 

#rel/red




 
Top